Lantik Pengurus Mesjid Al Hidayah VI Suku, Wawako Solok : Tempat Menyatukan Ummat Islam

Masjid adalah pondasi awal dalam proses perkembangan umat Islam. Masjid adalah tempat yang dapat menyatukan umat Islam dalam segala lapisan masyarakat. Jika dilihat dari fungsi aslinya, Masjid adalah tempat untuk bersujud kepada Allah SWT, tempat shalat, dan tempat beribadah kepadaNya, serta memberi manfaat bagi jamaah dan masyarakatnya.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra saat melantik Pengurus Masjid Al Hidayah, Kelurahan VI Suku Kota Solok, di mesjid setempat dengan masa bakti 2021-2024, Jumat (5/3/2021).

“Lima kali sehari semalam umat Islam dianjurkan mengunjungi mesjid guna melaksanakan shalat berjamaah. Mesjid juga merupakan tempat yang paling banyak dikumandangkan nama Allah melalui azan, qamat, tasbih, tahmid, tahlil, istigfar, dan ucapan lain yang dianjurkan dibaca di masjid, sebagai bagian dari lafaz yang berkaitan dengan pengagungan asma Allah,” kata Ramadhani Kirana Putra.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, imbuhnya, dari masjid diharapkan tumbuh kehidupan khaira ummatin, predikat mulia yang diberikan Allah kepada umat Islam. Tapi yang kita lihat saat ini, masjid paling ramai dikunjungi hanya pada waktu Shalat Jumat.

“Kedepan, pengurus pasjid ditantang untuk mampu mengajak masyarakat mencintai masjid. Kegiatan masjid yang serba terus dan mempunyai manfaat bagi jamaah, akan menanamkan ikatan jamaah dengan masjid,” ucapnya.

Disebutkannya, peran Pengurus Masjid Al-Hidayah yang harus kita dukung dan kita apresiasi adalah, adanya website masjid masjidalhidayahsolok.com, yang berisi tentang informasi keuangan dan aktifitas keagamaan lainnya yg dipublikasikan untuk umum. Selain itu, ada juga bantuan untuk anak yatim dan fakir miskin yang akan didistribusikan setiap bulan sebesa dua ratus ribu rupiah.

“Semoga apa yang telah dicetuskan oleh Mesjid Al Hidayah ini bisa tetap dipertahankan untuk masa yang akan datang, dan menjadi contoh bagi pengurus masjid-masjid lainnya,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Wawako Solok juga mengucapkan terima kasih pada ketua dan pengurus lama. Ia berharap, semoga apa yang telah bapak/ibu (pengurus lama) lakukan untuk kemakmuran Masjid Al Hidayah dulu, mendapat limpahan pahala dari Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.

“Kepada ketua dan pengurus yang baru, kami ucapkan selamat bekerja, serta senantiasa semakin memakmurkan Masjid Al Hidayah ini dengan tuntunan Alquran dan Alhadist. Selain itu, juga melakukan perbaikan dengan ide-ide yang inovatif dan kreatif untuk kebaikan ekonomi umat. Jadilah pelopor dalam keberkahan di tengah masyarakat,” pungkasnya. (Syafri)

Pos terkait