Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Ekonomi Bisnis · 27 Mar 2021 00:41 WIB ·

Kampung Qris, Bank Nagari Penuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Transaksi Elektronik


 Kampung Qris, Bank Nagari Penuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Transaksi Elektronik Perbesar

Bank Nagari dan Pemerintah Kota Pariaman didukung oleh Bank Indonesia telah sukses melaksanakan acara Launching Pariaman Smart City dengan agenda acara penandatanganan PKS E-Retribusi Pariwisata dan Peresmian Kampung Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Los Lambuang Balai Kuraitaji di Aula Balaikota Pariaman, Jumat (26/03/2021).

Acara ini dihadiri oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra, Pemimpin Bank Indonesia Sumatera Barat dan Forkopinda Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan bahwa peran Bank Nagari sangat luar biasa terutama Bank Nagari langsung menjawab kebutuhan masyarakat dan membuat dengan nyata misalnya e-Retribusi langsung dilakukan serta membuat Kampung Qris, ini semua sangat mempermudah transaksi masyarakat.

“Melalui transaksi elektronik ini kita bisa mengajarkan masyarakat kebiasaan menggunakan perbankan sehingga nanti perusahaanya lebih bank cabel”, ungkapnya.

Sedangkan dari sisi pemerintahan kita bisa lebih cepat mengukur Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB) sehingga kita bisa mengambil keputusan untuk kebijakan yang dilakukan untuk berikutnya dalam peningkatan pendapatan masyarakat, sambungnya.

Wako Genius Umar lebih lanjut juga menuturkan bahwa kerjasama Kota Pariaman dengan Perbankan khususnya Bank Nagari cukup mampu membuat Kota Pariaman berubah dengan cepat.

“Bank Nagari merupakan bank yang sangat luar biasa, sangat cepat yang dilakukannya dan diharapkan kerjasama selama ini akan terus kita tingkatakan”, ulasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk penerapan Kampung Qris ini pertama kali diterapkan di Los Lambung Balai Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan dan pertama di Sumatera Barat. Dan nantinya setiap kecamatan akan kita minta melakukan hal yang sama, dan besok direncanakan akan dipasang juga di Pasar Rakyat Kota Pariaman yang akan diresmikan oleh Presiden RI karena ini merupakan juga bagian dari program Kementerian Perdagangan untuk memperbanyak berbagai transaksi dipasar-pasar tradisonal.

Selain perbankan, Kota Pariaman dalam mencapai smart city ada dari sektor kesehatan, sektor pendidikan dan Mall Pelayanan Publik.

Dengan smart city berbagai infrastruktur kesehatan, sistem dalam penanganan pasien dan infrastruktur pembangunan pendidikan sudah dilakukan. Dengan bantuan dari Bank Nagari ini, semua sistem itu diintegrasikan sehingga semuanya lebih mudah, terangnya.

“Dan mudahan-mudahan apa yang kita kerjakan ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Pariaman khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya”, tutupnya.

Sementara, Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra berharap dengan adanya Smart City ini diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Pariaman dalam melakukan transaksi pembayaran Non Tunai melalui QRIS dan memberikan kontribusi positif bagi Pendapatan Daerah Kota Pariaman. (***)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kopi Indonesia Mendunia, Puan Maharani Ajak Kader PDI Perjuangan Majukan Hidup Petani

30 Mei 2022 - 07:51 WIB

Kemitraan Bersama Petani Sawit Tingkatkan Taraf Hidup

14 Mei 2022 - 19:00 WIB

DPRD Sumbar Panggil Bank Nagari, Skimming Data Nasabah di Padang Kerugian Capai 1,5 Miliar

12 Mei 2022 - 15:45 WIB

Harga Sawit di Dharmasraya Meroket Turun, dalam Dua Hari Capai 950 Rupiah

27 April 2022 - 09:09 WIB

Rekomendasi Enam Smartphone OPPO di Bawah Dua Jutaan

5 April 2022 - 07:42 WIB

Kabar Gembira, 2022 Bank Nagari Pulau Punjung Salurkan KUR dan Sediakan 1000 Unit Perumahan Subsidi

8 Februari 2022 - 09:15 WIB

Reinaldo Pimpinan Bank Nagari cabang Pulau Punjung Dharmasraya
Trending di Dharmasraya