Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Tanah Datar · 25 Mar 2021 22:22 WIB ·

Bupati Tanah Datar dan Direktur Politeknik Negeri Padang Resmikan Pembukaan PSDKU PNP Lintau Buo


 Bupati Tanah Datar dan Direktur Politeknik Negeri Padang Resmikan Pembukaan PSDKU PNP Lintau Buo Perbesar

Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri resmikan pembukaan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Padang (PNP) di Kabupaten Tanah Datar, Rabu, (24/03/2021).

Pembukaan PSDKU PNP yang berlokasi di Tigo Jangko, Lintau Buo ini merupakan salah satu alternatif yang telah disepakati oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan Politeknik Negeri Padang.

Disebutkan Dasar Pelaksanaan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1181/M/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Padang di Kabupaten Tanah Datar.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri, mengatakan pembukaan PSDKU PNP ini merupakan kelanjutan dari Program Rintisan Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Tanah Datar yang dulunya merupakan Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Padang yang telah berjalan semenjak tahun 2012 sampai 2020 di Kabupaten Tanah Datar.

“PSDKU PNP di Kabupaten Tanah Datar akan menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Diploma III Program Studi Sistem Informasi dan Teknologi Sipil dengan target penerimaan mahasiswa sebanyak 120 orang,” katanya.

Adapun proses penerimaan mahasiswa baru, sebut Surfa Yondri, dilaksanakan dalam tiga tahapan, yakni Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) yang telah ditutup sejak 19 Maret 2021 dan telah ada 30 orang yang dinyatakan lulus.

Kemudian Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei sampai 10 Juni 2021.

Serta Seleksi Mandiri dilaksanakan 15 Juni sampai 28 Juli 2021.

“Semua proses penerimaan mahasiswa baru akan dilaksanakan secara online melalui website www.pnp.ac.id.,” sebutnya.

Di ujung sambutannya, Surfa Yondri mengucapkan terima kasih dan selalu mengharapkan dukungan dari Bupati, DPRD Kab. Tanah Datar, tokoh masyarakat beserta segenap masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

“Rencana jangka panjang :
PSDKU PNP ini sebagai cikal bakal berdirinya Politeknik Negeri Tanah Datar yang nantinya berdiri pada lahan tanah seluas 5,5 ha, namun masih dalam proses,” imbuhnya.

Pembukaan PSDKU PNP di Tigo Jangko, Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar mendapat dukungan penuh dari Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud, Wikan Sakarinto, Phd, yang memberikan sambutan secara virtual.

Wikan Sakarinto mengapresiasi keberhasilan Politeknik Negeri Padang bersama Pemkab Tanah Datar yang telah berhasil membuka akses bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk peningkatan keterampilan masyarakat pada bidang vokasi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada Politeknik Negeri Padang yang telah berkenan mendirikan PSDKU PNP di Kab.Tanah Datar.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, sebut Bupati Eka Putra akan terus berkomitmen untuk mendukung proses pendidikan di PSDKU PNP.

“Jika anggaran memungkinkan, seperti penyiapan sarana prasarana pendidikan serta bantuan beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan,” ucapnya.

Launching Kampus PSDKU ini ditandai dengan penekanan tombol digital oleh Bupati dan Direktur PNP didampingi oleh Ketua Senat Politeknik Negeri Padang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan meninjau fasilitas kampus yang tersedia.

Hadir pada acara ini Wakil Direktur 1, Sekretaris Senat, Ketua Jurusan di Lingkungan Politeknik Negeri Padang, Pimpinan OPD terkait, Camat Lintau Buo dan Lintau Buo Utara, Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat Tanah Datar khususnya Lintau Buo.

(AL/Adv)

Hits: 9

Artikel ini telah dibaca 136 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Buka Dua Festival di Tanah Datar, Gubernur Sumbar Puji Program Satu Nagari Satu Event

12 November 2022 - 22:31 WIB

Inovasi Peduli Babe Antarkan TPID Tanah Datar Terbaik Wilayah Sumatera

15 September 2022 - 17:18 WIB

Infastruktur Organisasi Sudah Lengkap, PBB Tanah Datar Siap Mengikuti Pemilu 2024

1 Agustus 2022 - 23:37 WIB

Inkracht, Putusan MA Tegaskan Tanah SHM No. 00085 Sah Milik Aida Amir Warga Sumpur

1 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Percepat Penuntasan Batas Wilayah Simawang dan Bukik Kanduang, Bupati Eka Temui Kemendagri, Ini Hasilnya

7 Juli 2022 - 21:58 WIB

Irjen Pol Teddy Minahasa Dianugerahi Gelar Tuanku Bandaro Alam Sati, Bupati Safaruddin Ucapkan Selamat

16 Juni 2022 - 21:41 WIB

Trending di Tanah Datar