Jasman Rizal : “Ini Protokol Covid-19, Akses Informasi dan Jadwal MTQ Tingkat Nasional ke-XXVIII di Kota Padang”

Jasman Rizal
Jasman Rizal

Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat (Sumbar), Jasman Rizal, Rabu, (11/11/2020) pagi, kepada awak media memaparkan beberapa hal terkait penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVIII (ke-28 -red) tingkat nasional tahun 2020 di Kota Padang.

Diantaranya terkait protokol Covid-19 saat dan selama MTQ berlangsung, akses informasi tentang pelaksanaan MTQ dan jadwal MTQ.

Dikatakan Jasman, sekaitan dengan banyaknya pertanyaan masyarakat tentang protokol Covid-19 saat MTQ di Padang, Sumbar, dapat ia jelaskan sebagai berikut :

Bacaan Lainnya
  1. Sesuai surat Gubernur Sumbar tanggal 30 September 2020, bahwa setiap kafilah harus melakukan tes swab di provinsi masing-masing dan hasilnya dikeluarkan maksimal 2 (dua) hari sebelum keberangkatan. Kalau negatif baru boleh berangkat.
  2. Juga diperkuat dengan surat dari Panpel MTQ tanggal 03 November 2020 tentang Prosedur Kedatangan Kafilah MTQ ke Sumbar, diantaranya adalah penekanan tentang kewajiban tes swab untuk semua anggota kafilah dan pemisahan kafilah dan barang-barang kafilah dengan penumpang umum.
  3. Kafilah MTQ diterima di terminal baru terpisah dari penumpang umum, sehingga memungkinkan untuk physical distancing.
  4. Untuk penerapan protokol kesehatan, di semua titik/lokasi (kendaraan, BIM, hotel, lokasi pembukaan, venue perlombaan) sudah dipersiapkan berupa aturan/ lketentuan yang ketat sesuai protokol kesehatan yang diawasi oleh Kepolisian, Satpol PP dan TNI.
  5. Jika ada anggota rombongan kafilah belum melaksanakan tes swab di daerahnya, maka panitia sudah menyiapkan fasilitas tes swab di BIM (terminal kedatangan yang baru).
  6. Semua panitia dan peserta yang terlibat dalam MTQ wajib di tes swab dan sekarang sedang berlangsung.
  7. Untuk kegiatan MTQ dì masing-masing venue telah diatur waktu dan cara agar tidak terjadi kerumunan serta mengikuti protokol Covid.

“Sebagai catatan, khusus nomor 5 (lima) memang tidak kita sampaikan secara tertulis, karena dikhawatirkan nanti semua kafilah memilih untuk tes swab di BIM,” sebut Jasman Rizal yang adalah juga Juru bicara penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar.

Selanjutnya, disampaikan Jasman, sehubungan event MTQ Nasional sudah di depan mata, kepada sahabat dan dunsanak yang membutuhkan akses informasi mengenai pelaksanaan MTQ Nasional ke- XXVIII di Sumbar, bisa di akses pada website mtq28.sumbarprov.go.id

“Bagi yang memiliki android juga bisa download aplikasi di play store dengan keyword : Info MTQ Sumbar,” sebutnya.

Terakhir disebutkan Jasman, kesuksesan pelaksanaan MTQ juga tidak terlepas dari struktur jadwal pelaksanaan.

“Nah, terkait jadwal pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXVIII bisa dibaca pada leaflet di atas,” tutup Jasman sembari berucap, ayo kita sukseskan dan saksikan MTQ Nasional ke – XXVIII tahun 2020.

 

(AL)

Pos terkait