Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Kabupaten Solok · 21 Agu 2020 20:25 WIB ·

Lomba Memeriahkan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H yang Dilaksanakan Sudah Usai, Berikut Pemuncaknya


 Lomba Memeriahkan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H yang Dilaksanakan Sudah Usai,  Berikut Pemuncaknya Perbesar

Pemerintah daerah Kabupaten Solok bersama PHBI Kab. Solok menggelar acara dalam rangka memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H di Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Center Koto Baru, pada hari Rabu, 19 Agustus 2020.

Gelaran acara memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H tersebut, dihadiri oleh Bupati Solok yang diwakili oleh Asisten Koordinator Bidang Ekbangkesra Medison, S.Sos, M.Si dan Kepala Kemenag H. Alizar, M.Ag serta kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Solok, kemudian dihadiri juga camat se-Kabupaten Solok dan Forkopimcam Kubung beserta seluruh undangan yang hadir.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar, M.Ag diawal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia yang tergabung dalam PHBI dan ucapan terima kasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Solok dan semua yang ikut terlibat dalam menyukseskan acara memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, sebab, acara yang dilaksanakan pada hari ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 di daerah kita.

“Oleh karena itu, perlunya bersyukur kepada Allah SWT, sebab, pemerintah daerah selalu mendukung penuh program-program keagamaan di Kabupaten Solok, dapat kita lihat salah satunya adalah program sekolah umum berbasis pesantren (SUBP),” jelasnya.

Kemudian, Alizar, M.Ag mengatakan, ditahun baru Islam kali ini kita, berharap masyarakat dapat memahami Islam dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena tahun baru hijriah ini merupakan salah satu momen bagi umat muslim untuk meningkatkan kualitas diri utamanya keimanan, lewat hijrah kepada pengamalan ajaran syar’i yang lebih baik kedepannya,” tambahnya.

Dan Alizar, M.Ag juga menerangkan bahwa tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H kali ini bertepatan langsung dengan HUT RI ke 75 tahun 2020.

Terakhir Kakankemenag Kabupaten Solok, Alizar, M.Ag menyampaikan bahwa acara dilaksanakan hari ini adalah dalam rangka meriahkan peringatan tahun baru Islam, dengan mengadakan lomba khutbah Jumat tingkat SMP-SUBP se-Kabupaten Solok dan lomba pidato bagi penyuluh agama se-Kabupaten Solok.

Beriringan dengan itu, Bupati Solok yang diwakili Asisten Koordinator Bidang Ekbangkesra Medison, S.Sos, M.Si diawal sambutannya mengucapkan selamat tahun baru hijriah kepada seluruh umat Islam sedunia, khususnya kepada masyarakat Kabupaten Solok, ditandai dengan pemukulan bedug pada hari ini.

“Peringatan tahun baru hijriah kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya kita selalu memeriahkan dengan berbagai kegiatan, tetapi pada tahun ini hanya dilaksanakan dengan sederhana saja, semuanya ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda negeri kita, walaupun demikian, mudah mudahan tidak mengurangi arti dari peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H tahun 2020 ini,” tambahnya.

Kemudian, Medison mengatakan bahwa Komitmen utama kita di pemerintahan daerah adalah meningkatkan kualitas keagamaan di tengah-tengah masyarakat, oleh karena itu kami sampaikan bahwa untuk kegiatan keagamaan insya Allah, pemerintah daerah akan selalu mensupportnya.

Selanjutnya, Bupati Solok melalui Asisten Koordinator Bidang Ekbangkesra mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok berharap, agar kegiatan keagamaan tetap eksis, dengan begitu masyarakat sendirinya makin dalam amalan agamanya sehingga menjadi salah satu benteng diri ditengah ancaman virus corona (Covid-19) ini.

Terakhir, Medison menyampaikan bahwa penyambutan tahun baru hijriah tahun ini memiliki tema “Bersama Mewujudkan Generasi Qur’ani dan Mewujudkan Kabupaten Solok yang Madani,” untuk mewujudkannya tentu butuh dukungan semua pihak.

Selesai kata sambutan dari Kakankemenag dan Bupati Solok yang diwakili oleh Asisten Koordinator Bidang Ekbangkesra tersebut, kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan pemuncak-pemuncak pemenang lomba, pertama pemenang lomba Khutbah Jumat antar SMP SUBP, peringkat 1 (satu) diraih oleh SMPN 3 Bukit Sundi, peringkat 2 (dua) SMPN 1 Tigo Lurah dan peringkat 3 (tiga) SPMN 2 Gunung Talang.

Yang kedua untuk pemenang lomba Pidato Penyuluh Agama Islam Honorer, Juara 1 (satu) diraih oleh Joni Putra utusan Kecamatan X Koto Diatas dan Juara 2 (dua) diraih oleh Yondri, S.Sos utusan kecamatan Hiliran Gumanti serta yang terakhir, Juara 3 (tiga) diraih oleh Patrizal Ekaputra utusan IX Sungai Lasi Kabupaten Solok.

(Andar MK)

Hits: 77

Artikel ini telah dibaca 219 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

10 Ton Bareh Solok Dikirim Perdana Ke PT. Food Station Tjipinang Jaya Jakarta

15 September 2022 - 19:40 WIB

Direktur Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI serahkan 400 batang Rel Bekas Bongkaran untuk Pemerintah Kabupaten Solok

30 Agustus 2022 - 17:34 WIB

Posyandu Batu Banyak Ikut Penilaian Lapangan Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022

30 Agustus 2022 - 16:11 WIB

Medison Mengatakan Tiga Agenda Penting dalam Rapat Persiapan Pembahasan Perubahan

29 Agustus 2022 - 17:01 WIB

Bupati Solok Gelar Pawai Alegoris Perayaan HUT RI Ke-77 di Arosuka

21 Agustus 2022 - 20:57 WIB

Bupati bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Rayakan HUT RI ke 77 di Gunung Talang

17 Agustus 2022 - 19:47 WIB

Trending di Kabupaten Solok