Gempa Bumi Guncang Padang Panjang

Gempa bumi mengguncang Kota Padang Panjang, Kamis (13/02/2020) dini hari ini.

Goncangan gempa yang berlangsung sepersekian detik itu cukup mengejutkan warga.

Pantauan Topsumbar.co.id yang turut merasakan guncangan gempa di Kelurahan Pasar Usang, Kota setempat terlihat pula sejumlah warga sempat berhamburan keluar rumah.

Bacaan Lainnya

Sementara dari hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang yang dikutip Topsumbar.co.id dari jejaring WhatsApp PAUS PAPA GRUP tidak lama setelah gempa bumi terjadi, diperoleh Informasi gempa bumi terjadi pada pukul 01:37:49 WIB dengan parameter gempa bumi kekuatan M=4.1.

“Pusat gempa bumi ini berada di darat pada koordinat 0.40 Lintang Selatan dan 100.44 Bujur Timur, sekitar 8 KM Timur Laut Padang Panjang, Sumbar, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer,” tulis Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang, Irwan Slamet, ST. M.Si.

Dituliskannya, berdasarkan laporan dari masyarakat, goncangan tersebut dirasakan di Padang Panjang, Kab.Tanah Datar dan Bukittinggi dalam skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) serta Payakumbuh skala III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” tulisnya.

Selanjutnya ia juga menuliskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sumatera.

“Hingga saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” tulisnya lagi.

Masih melalui tulisannya, Irwan Slamet, menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg,” jelasnya.

(AL)

Pos terkait