Diskominfo Sumbar Luncurkan Command Center, Bisa Pantau Progres Pembangunan Hingga Pelaksanaan Pilkada

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Barat luncurkan Command Center sebagai langkah awal bagi pembangunan Smart Province secara keseluruhan.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno langsung menghadiri launching Command Center di Kantor Kominfo Sumbar, didampingi oleh kepala Diskominfo Sumbar Yeflin Luandri dan langsung melakukan uji coba komunikasi dengan Kota Bukittinggi, Dharmasraya, Kabupaten Solok dan Kota Solok, Rabu (05/02/2020).

Irwan Prayitno mengatakan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi tersebut juga perlu diimbangi literasi digital dan edukasi. “Dengan command center, kita bisa mengendalikan provinsi ini cukup dengan teknologi, kita juga dapat berkomunikasi dengan 19 bupati dan wali kota se Sumbar dan melihat langsung in real time di lokasi,” ucap Gubernur Sumbar yang senang berpantun ini.

Bacaan Lainnya

Irwan menambahkan, dengan adanya Command Center yang dimiliki Diskominfo bisa melihat semua kegiatan yang ada di Sumbar. Command Center dapat meringankan tugas seorang kepala daerah. Apabila terkoneksi, bisa melihat progres pembangunan Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Sumbar karena melalui Command Center yang tersebar di 19 kabupaten/kota se Sumbar bisa terhubung dengan melakukan video conference secara langsung.

Command Center ini juga bisa memantau kegiatan pilkada. Semua kegiatan Pilkada 2020 bisa kita pantau dari sini, petugas maupun anggota di lapangan bisa melakukan laporan langsung dengan video streaming ataupun video conference memberitahukan situasi keamanan atau proses pentahapan Pilkada serentak di Sumbar,” jelas Irwan prayitno

“Untuk itu, saya meminta semua pihak harus bekerja sama untuk menanggulangi masalah tersebut dan mengarahkan masyarakat untuk memanfaatkan teknologi secara positif dan produktif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumbar Yeflin Luandri menyampaikan command center ini merupakan langkah awal dalam rangka mewujudkan Sumbar sebagai smart province untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat.

“Command center memenuhi tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat dan modern. Sebagai penyedia informasi dari pemerintah, juga sebagai alat untuk berinteraksi dengan masyarakat,” ucap Yeflin.

Sumbar smart province ini bisa memantau atau melihat semua kegiatan dan aktifitas dalam mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif. Selain itu Kadis Kominfo Sumbar berharap dukungan semua pihak, sekaligus dapat mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik. (Ratna)

Pos terkait