Rumah Basamo Keluarga Pasien Diresmikan, Lisda Hendrajoni: Rumah Ini untuk Masyarakat

Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni meresmikan Rumah Basamo bagi keluarga pasien rawat inap di Sawahan, Minggu (22/12/2019).
Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni meresmikan Rumah Basamo bagi keluarga pasien rawat inap di Sawahan, Minggu (22/12/2019).

PADANG, TOP SUMBAR — Anggota DPR RI Fraksi Nasdem Lisda Hendrajoni, meresmikan pemanfaatan Rumah Singgah Keluarga Pasien Rawat Inap, di RT 03/RW 04 Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Minggu (22/12/2019).

Rumah yang bertajuk “Rumah Basamo” tersebut sengaja digagas Lisda, untuk meringankan beban keluarga Pasien dari luar kota Padang, yang berobat ataupun menjalani rawat inap di Kota Padang, sebagai tempat beristirahat dan menginap layaknya rumah sendiri.

“Semoga keberadaan rumah basamo ini dapat meringankan beban keluarga pasien dan bermanfaat dengan baik, sehingga tetap dapat mendampingi keluarga yang sedang sakit. Dan rumah ini untuk masyarakat,” Tutur Lisda.

Bacaan Lainnya

Menurut Lisda, Ide menggagas “Rumah Basamo” ini muncul saat menyaksikan keluarga pasien yang tidur di lorong-lorong dan lantai saat berkunjung ke salah satu rumah sakit.

“Terutama bagi keluarga pasien yang rawat inap, jadi tidak lagi tidur di lantai ataupun lorong-lorong rumah sakit. Bahkan kita juga sediakan konsumsi bagi keluarga pasien di rumah singgah ini,” Terusnya.

Ide dan gagasan Lisda tersebut ternyata sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan, rumah basamo tersebut sudah berpenghuni jauh hari sebelum di Launching.

“Saya yakin ini dibutuhkan sekali. Buktinya sebelum di Launching saja, ini sudah ada keluarga pasien yang menginap dirumah ini bahkan ada yang dari Mentawai dan juga ada keluarga kita yang dari Pesisir Selatan,” Ungkap Lisda.

Hal yang senada juga disampaikan oleh penggiat lingkungan dan juga Ketua Forum Mahasiswa Mentawai Eko Zibua.

“Inilah yang kita tunggu-tunggu, terutama kami yang jauh dari Mentawai. Tentu kalau ada keluarga yang sakit dan dirawat, tentu akan sulit apalagi harus bolak-balik. Dengan adanya program ini, tentunya kami akan sangat terbantu,” ujar Eko Zebua.

Bahkan, ia juga mengharapkan adanya rumah-rumah singgah di tempat yang lainnya, sehingga lebih banyak dapat membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bunda Lisda yang telah memberikan salah satu wujud kerja nyatanya. Semoga ini (Rumah Basamo) terus ada, dan kedepannya semakin banyak rumah singgah yang lainnya untuk meringankan keluarga pasien terutama yang kurang mampu,” Sambungnya.

Pada kegiatan Launching tersebut, Lisda Hendrajoni yang juga Istri Bupati Pesisir Selatan ini, juga menyerahkan bantuan terhadap anak yatim di sekitaran lokasi, serta bantuan kursi roda kepada salah seorang warga.

Saat ini Rumah Basamo yang digagas Lisda Hendrajoni, terdapat sebanyak 2 Unit yakni di Kota Padang dan Kota Painan, Pesisir Selatan.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan “Rumah Basamo” tersebut cukup hanya dengan membawa Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk, dan melapor kepada petugas yang berada di masing-masing rumah singgah. (RD)

Pos terkait