Bumi Perkemahan dan Pusdiklat Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat Diresmikan

PASAMAN BARAT. TOP SUMBAR — Selama 15 tahun lebih Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat inginkan adanya Bumi Perkemahan (Bumper) permanen, akhirnya dipenghujung tahun 2019 dan dimasa kepemimpinan Bupati H.Yulianto itu terwujud.

Impian seluruh insan pramuka itu akhirnya diwujudkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) dengan diresmikannya Bumi Perkemahan dan Pusat Pendidikan latihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat oleh Bupati H.Yulianto yang terletak di Kejorongan Girimaju, Nagari Persiapan Giri Maju, Kecamatan Luhak Nan Duo, Senin (16/12/2019) siang.

Turut hadir pada kesempatan itu, Staff Ahli Bupati Drs. Marimus, M.Pd, Asisten II Setda Pasbar Drs. Irwan, Kabag Humas Setda Pasbar Yosmar Difia, SE.,MM, Camat Luhak Nan Duo Ahmad Hanif, Pj. Wali Girimaju Samsul Bahri, S.Pdi, Kepala Jorong Girimaju, Mantan Ketua DKC Pasaman Barat Ahmad Romi Nasution, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan ratusan pelajar dan masyarakat girimaju sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Pemkab Pasbar mendapatkan lahan dengan luas kurang lebih 2 hektar yang dihibahkan oleh masyarakat setempat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk dibangunkan Bumi Perkemahan permanen. Dalam laporannya, Wakil Ketua Sarana Prasarana dan Keuangan Kwarcab 0317 Pasbar, Dr.Ikhwanri, M.Pd kepada media ini mengatakan bahwa mimpi dan harapan untuk memiliki Bumi Perkemahan adalah mimpi seluruh masyarakat Pasbar khususnya para anggota pramuka, baik itu peserta didiknya hingga para kakak-kakak pembina dan pelatih pramuka se Kabupaten Pasaman Barat ini.

“Alhamdulillah. Hari ini mimpi dan impian kita bersama untuk memiliki Bumi Perkemahan telah terwujud. Ini tentunya tidak terlepas dari perjuangan kita bersama serta dorongan yang kuat dari Ka. Kwarcab kita Kakak H.Yulianto yang telah memperjuangkan ini hingga kita dapat mewujudkan dibangunnya Bumi Perkemahan permanen di Nagari Tuah Basamo yang kita cintai ini,” ujarnya.

Ikhwanri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Girimaju dan pemerintah nagari persiapan yang telah dengan ikhlas dan sukarela mau mewujudkan impian para anggota pramuka dan pemerintah daerah untuk memiliki Bumi Perkemahan tersebut.

“Kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat girimaju serta pemerintah nagari kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungannya terhadap kemajuan gerakan pramuka di Bumi Tuah Basamo yang kita cintai ini. Dimana yang semula adalah tanah lahan kelompok masyarakat, yang kemudian dengan ikhlas dihibahkan kepada pemerintah daerah untuk dijadikan Bumi Perkemahan guna mendukung setiap kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya,” lanjut Dr. Ikhwanri selaku Wakil Ketua Sarana, Prasarana dan Keuangan Kwarcab 0317 Pasaman Barat.

Terakhir, Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini juga berharap kepada Bupati H.Yulianto agar kiranya ditahun 2020 mendatang memberikan anggaran lebih untuk Kwarcab Pasbar agar Kwarcab bisa memulai pembangunan beberapa fasilitas yang dibutuhkan di Bumi Perkemahan tersebut.

“Tahun 2020 nanti kita berharap kepada Bapak Bupati kiranya dapat menambah anggaran itu agar pembangunan Bumi Perkemahan Giri Maju Pasaman Barat ini bisa kita mulai,” Harapnya.

Ia juga menompangkan harapannya kepada para Anggota DPRD agar kiranya pembangunan Bumi Perkemahan Giri Maju ini dapat segera terealisasi dengan dukungan anggaran DPRD tentunya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pasaman Barat H.Yulianto,SH.,MM selaku Ka. Mabicab Gerakan Pramuka Pasaman Barat menyampaikan hal yang sama kepada warga dan tokoh di girimaju atas dukungannya terhadap gerakan pramuka yang sudah lama mengimpikan adanya Bumi Perkemahan permanen tersebut.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah mengucapkan ribuan terima kasih kepada tokoh masyarakat, pemuda, agama serta masyarakat girimaju tanpa terkecuali atas sumbangsihnya terhadap kepramukaan. Semoga apa yang Bapak dan Ibu berikan saat ini menjadi amal ibadah hendaknya disisi Allah SWT dan Bumi Perkemahan ini bisa bermanfaat bagi generasi penerus kita dalam membina mental dan karakter generasi muda penerus bangsa kedepannya,” ungkap H.Yulianto.

Ia juga menyampaikan bahwa semua ini tidak terlepas dari usaha dan dorongan dari Bupati Pasbar sebelumnya, Almarhum H.Syahiran dimana beliau sangat peduli terhadap pramuka sehingga beliau sempat turun langsung waktu itu meninjau kondisi lahan tersebut bersama dengan masyarakat Giri Maju.

“Bumi Perkemahan ini merupakan salah satu jasa Bapak Bupati Almarhum H.Syahiran. Karena diwaktu beliau masih hidup dan menjabat kala itu, beliau sangat peduli terhadap seluruh kegiatan kepramukaan. Dan Bumi Perkemahan ini salah satunya merupakan usaha beliau yang dengan gigih beliau perjuangkan melalui pemerintah nagari bagaimana agar masyarakat Girimaju mau memberikan tanah wilayahnya untuk dibangun sebagai Pusat Pendidikan Latihan kepramukaan. Tentunya kita yang ditinggalkan wajib menjaga amanah ini, agar mimpi dan cita-cita beliau bermanfaat untuk generasi kita kedepan,” pungkasnya.

Terakhir, H.Yulianto berpesan kepada seluruh pengurus kwarcab gerakan pramuka agar selaku kompak dan bersama untuk mengembangkan pembinaan kepramukaan di Bumi Tuah Basamo tercinta ini.

Peresmian pembangunan Bumi Perkemahan Pusdiklat Giri Maju Pasaman Barat ini ditandai dengan pembukaan selubung plakat merk Bumi Perkemahan oleh Ka.Mabicab Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat H.Yulianto yang juga didampingi seluruh pengurus Kwarcab 0317 Pasaman Barat. (MZ)

Pos terkait