Dharmasraya Optimalkan Pemanfaatan Data Profil Program KKBPK

DHARMASRAYA, TOPSUMBAR –BKKBN Perwakilan Sumatera Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Data Profil (Parameter dan Proyeksi) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, bertempat di Aula Lantai I Kantor Bupati Dharmasraya, Kamis (19/04).

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Pj.Sekda, Adlisman, dan diikuti oleh OPD terkait dan segenap Mitra Kerja BKKBN di Kabupaten Dharmasraya. Pj.Sekda dalam kesempatan itu menyampaikan, urusan pemerintahan bidang pengendalian kependudukan dan KB merupakan kewenangan wajib yang dilaksanakan secara konkuren oleh pemerintah.

Maka dari itu, jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya perlu mengoptimalisasi Pemanfaatan Data Kependudukan Berbasis Keluarga sebagai data basis dalam penggarapan program KKBPK. Data ini diharapkan dapat menjadi dasar perencanaan bagi lintas sektor. Dalam mensukseskan penyelenggaraan program KKBPK, sebut Adlisman, BKKBN tidak dapat berjalan sendirian. Tapi perlu didukung penuh oleh mitra strategis.

Bacaan Lainnya

“Peran serta pemangku kepentingan, mitra kerja termasuk peran tokoh agama, tokoh masyarakat dalam mendukung program KKBPK khususnya di kampung KB harus dioptimalkan. Sebaliknya, BKKBN juga kami harapkan selalu memberi informasi terbaru tentang kebijakan dan strategi program KKBPK tersebut ke Pemerintah Daerah,” tukas Adlisman. (H/Hms)

Pos terkait