Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Internasional · 21 Mar 2018 14:59 WIB ·

Padang Bersama Wellington Bangun Kerjasama Kebencanaan


 Padang Bersama Wellington Bangun Kerjasama Kebencanaan Perbesar

NEW ZEALAND, TOPSUMBAR–Dalam rangka penguatan kapasitas dalam menghadapi bencana, Kota Padang menjalin kerjasama dengan Kota Wellington New Zealand. Kerjasama ke dua kota tersebut ditandatangani langsung Kepala BPBD (Badan Penanggulan Bencana Daerah) Kota Padang, Edi Hasymi dan Manager Building Resilience Wellington City Council New Zealand, Stephen Cody, di Wellington, Senin (19 Maret 2018).

Acara tersebut disaksikan Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bernardus Wisnu Widjaja. Edi Hasymi menjelaskan, kerjasama yang dibangun dengan Wellington berkaitan dengan identifikasi bahaya dan ancaman bencana, informasi kebencanaan, serta partisipasi masyarakat dalam pengurangan resiko akibat bencana.

“Dipilihnya Kota Wellington untuk kerjasama ini karena memiliki topografi dan ancaman bencana yang sama dengan Kota Padang, seperti gempa, tsunami dan longsor,” ungkap Edi.

“Namun, kajian tentang potensi bencana dan upaya-upaya mitigasi bencana yang dilakukan Kota wellington lebih baik dibandingkan dengan yang kita lakukan,” tambahnya lagi.

Dengan demikian, Kota Padang harus belajar lebih banyak lagi dengan Kota Wellington, dengan cara mengadopsi pengalamannya dan menerapkannya di Kota Padang. Termasuk juga tentang kekuatan kondisi tanah yang rawan gempa. Salah satu yang dicontoh dari Kota Wellington dan telah diterapkan di Kota Padang adalah memberi tanda berwarna biru (daerah atau zona aman tsunami) sebanyak 20 titik di Kota Padang, sebagai tanda batas perkiraan jauhnya jangkauan tsunami jika terjadi. Sehingga masyarakat yang tinggl lewat dari batas tersebut tidak perlu lagi dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi lagi.

Sebelum penandatangan perjanjian kerjasama, Kepala BPBD Kota Padang mempresentasikan makalahnya tentang Disaster Smart City Program for Natural Hazard Risk in Padang City di depan Pemerintahan Kota Wellington New Zealand. (H/Rls)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapolri Pastikan Proses Pencarian Kru Helikopter P-1103 Dilakukan Maksimal

28 November 2022 - 14:54 WIB

IMPP Jakarta dan Sekitarnya Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur

26 November 2022 - 15:18 WIB

Polri Temukan 5 Jenazah Korban Longsor Cianjur, Dua Diantaranya Jenazah Ibu dan Anak Berpelukan

25 November 2022 - 17:01 WIB

Miko Kamal: Festival Batang Arau Bakal Digelar Akhir Tahun

25 November 2022 - 11:34 WIB

Kerajaan Arab Saudi Sambut Baik Tawaran Kerjasama Pemprov Sumbar

22 November 2022 - 17:21 WIB

Polri Kerahkan Brimob dan Tim Trauma Healing Bantu Penanganan Gempa Cianjur

21 November 2022 - 21:57 WIB

Trending di Nasional