Warga Ulakan Minta Presiden Tanggapi Abrasi Pantai

PADANG PARIAMAN, TOP SUMBAR– Abrasi pantai kembali menggerus pemukiman penduduk di Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Bahkan beberapa orang warga meminta Presiden RI Jokowi menyelamatkan nasib mereka dari abrasi pantai yang sudah mengancam masyarakat setempat.

“Masalah abrasi ini sama sekali belum mendapat respon dari pihak terkait, padahal mengancam keselamatan kami, kami minta tolong Pak Jokowi selamatkan dari abrasi pantai,” kata salah seorang warga Ulakan Tapakis, Arifin (37), Rabu (29/11/2017).

Dia menjelaskan, tingginya gelombang di perairan pesisir membuat abrasi semakin meluas. Menurut dia, butuh tindakan yang cepat dan nyata dari pemerintah untuk menimalkan laju abrasi tersebut.

“Cuaca ekstrim menimbulkan air laut kerap pasang, dan tak ayal mengikis pinggiran pantai. Selain itu, semakin maraknya penambangan pasir laut membuat kondisi pantai di kawasan ini rusak,” tuturnya.

Menyikapati itu, Ketua MDMC Sumbar, Medi Hendra mengatakan, “Warga Ulakan Tapakis Padang Pariaman mengeluhkan dampak abrasi pantai tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, warga desa setempat langsung menyampaikan keluhan mereka sehingga perlu menjadi perhatian pemerintah.

Menurut warga setempat, abrasi pantai yang kerap kali terjadi sangat mengancam permukiman warga, terutama permukiman di dekat pantai Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. (H/Ril)

LEAVE A REPLY