Wali Nagari Semprotkan Desinfektan ke Tempat Umum dan Rumah Warga

416

Nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok melaksanakan penyemprotan desinfektan dalam rangka mengantisipasi serta meminimalisir penularan virus corona (Covid-19) pada hari Selasa, (31/03/2020).

Penyemprotan desinfektan tersebut terlaksana berkat kerjasama yang baik antara pemerintahan nagari dengan lembaga-lembaga yang ada serta dukungan dari masyarakat Dilam, baik yang ada di rantau maupun yang ada di kampung halaman.

Penyemprotan desinfektan dilakukan oleh Tim Satgas yang dibentuk oleh Pemerintah Nagari Dilam serta kerjasama dengan pihak kecamatan dan tenaga kesehatan yang ada di nagari Dilam.

Saat sesudah melakukan penyemprotan disinfektan tersebut Wali Nagari Dilam Janawir, S.PdI Magek Alam menyampaikan kepada awak media Topsumbar.co.id, bahwa penyemprotan desinfektan dilakukan ke tempat-tempat ibadah dan kerumah warga serta ke tempat umum lainnya yang ada di nagari Dilam.

“Tujuan dilakukannya penyemprotan desinfektan ini adalah untuk melawan dan menekan serta meminalisir Penyebaran infeksi virus corona (Covid-19) di wilayah Pemerintah Nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat,” jelasnya.

Kemudian Wali Nagari Dilam juga menjelaskan bahwa dampak dari wabah ini terhadap masyarakat adalah masalah ekonomi, apalagi dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah, membuat sebagian besar masyarakat Dilam tidak dapat lagi bekerja, karena pekerjaan masyarakat hanya sebagai kuli tani ke nagari tetangga Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kab. Solok.

Dengan demikian Wali Nagari Dilam berharap kepada pemerintah daerah dan pusat untuk sesegera mungkin mencarikan solusi agar masyarakat kita tetap bisa bertahan hidup selama wabah virus corona (Covid-19) hilang dari negeri ini.

Kemudian, ia juga berharap kepada seluruh masyarakat Dilam untuk tetap waspada dengan wabah Covid-19 ini, karena virus ini tidak bisa kita lihat dengan nyata serta tetap dengarkan dan patuhi himbauan dari pemerintah, karena dalam menghadapi musibah ini kita harus saling bekerjasama dan mendukung apa yang disampaikan oleh pimpinan kepala daerah dan pemerintah pusat.

Terakhir Wali Nagari Dilam juga menjelaskan bahwa sampai detik ini masyarakat Nagari Dilam belum ada yang ODP (Orang Dalam Pantauan) maupun yang PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan semoga saja masyarakat kita tidak ada yang terkena wabah virus corona (Covid-19) ini.

Sebelum dilaksanakannya penyemprotan desinfektan tersebut, awak Media Topsumbar.co.id juga mewawancarai tenaga kesehatan (Bidan) Kasliyani Rahmaningsih, Amd, Keb, yang ditugaskan oleh Dinkes Kabupaten Solok di Puskesmas Pembantu (Postu) Nagari Dilam pada hari Sabtu, (28/03/2020).

Ia mengatakan bahwa sampai saat ini, masyarakat Nagari Dilam belum ada yang terindikasi oleh infeksi virus corona (Covid-19), tetapi walaupun demikian Kasliyani Rahmaningsih, menghimbau seluruh masyarakat Dilam untuk selalu stay healthy and stay safety, karna lebih baik mencegah daripada mewabah.

Kasliyani Rahmaningsih juga berpesan kepada masyarakat Dilam untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara pola hidup sehat serta tingkatkan nutrisi untuk imunitas tubuh kita dan hindari kerumunan massa, usahakan untuk berdiam diri di rumah, kalau tidak ada berkepentingan tidak usah keluar rumah agar tidak terkena wabah virus corona (Covid-19) ini.

Terakhir Tenaga Kesehatan (Bidan) Postu Nagari Dilam, Kasliyani Rahmaningsih, Amd, Keb juga berharap kepada seluruh masyarakat dan pemerintah serta lembaga-lembaga yang ada di nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok untuk selalu bekerjasama untuk mengantisipasi dan menekan penyebaran wabah infeksi virus corona (Covid-19) ke nagari kita.

(Andar MK)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...