Wabup Solok Tinjau Korban Banjir dan Longsor di Lembah Gumanti

Hujan lebat yang mengguyur daerah Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok pada hari hari Kamis, (13/02/2020) lalu mengakibatkan terjadinya bencana banjir dan longsor di beberapa ruas jalan melalui kedua kecamatan tersebut.

Akibatnya, membuat masyarakat sekitar dua kecamatan tersebut terjebak di lokasi bencana dan tidak bisa kembali kerumah nya masing-masing.

Mendengar kabar tersebut Wakil Bupati Solok H Yulfadri Nurdin dan Kepala Dinas PUPR Provinsi Sumatra Barat langsung turun ke lokasi terjadinya Bencana, Jumat (14/02/2020 ).

Wakil Bupati Solok dan Kadis PUPR Provinsi yang didampingi oleh Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Armen. Ap, MM dan Wali Nagari Alahan Panjang serta Wali Nagari Salimpek, hadir juga Pemuda Pancasila PP Kab. Solok untuk melakukan peninjauan langsung ke titik lokasi bencana.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin dan Kepala Dinas PUPR Provinsi serta lembaga terkait dan ormas melaksanakan goro bersama dengan masyarakat setempat untuk membersihkan rumah warga yang terkena dampak banjir dan longsor, jelas Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Armen, AP. MM.

Selain membersihkan rumah masyarakat lanjut Armen, wakil Bupati Solok beserta masyarakat juga membersihkan jalan dan selokan akibat diterjang banjir.

Armen AP menjelaskan selain rumah masyarakat yang diterjang banjir, Kantor KUA Alahan Panjang juga terdampak. Akibat hujan deras tersebut dan beberapa titik jalan di Jorong Sipadieh Taratak Baru Nagari Salimpek yang perlu penanganan segera, agar tidak membahayakan keselamatan masyarakat dan pengendara roda dua dan roda empat.

Selain itu telah terjadi pula angin puting beliung di Jorong Galagah Nagari Alahan Panjang yang mengakibatkan dua rumah warga rusak parah, tambah Armen, AP.

Terakhir Kalaksa BPBD Armen, AP. MM menghimbau kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana untuk terus barhati-hati karna bencana itu bisa terjadi kapan saja, apalagi saat ini cuaca disebagian daerah Kabupaten Solok agak ekstrim. (Andar MK)

loading...
Loading...

LEAVE A REPLY