Update Covid-19 Sumbar 7 Juli, Berikut Perincian Pertambahan 5 Positif dan 10 Sembuh

237
Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar / Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar
Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar / Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar

Kota Padang kembali mendominasi jumlah warga positif terinfeksi Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar).

Pada hari ini warga Kota Padang dilaporkan terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 3 (tiga) orang.

Selain kota Padang, juga dilaporkan terjadi penambahan jumlah positif terinfeksi Covid-19 dari Kab. Lima Puluh Kota sebanyak 2 (dua) orang.

Dengan demikian total penambahan positif terinfeksi Covid-19 Sumbar pada hari ini adalah sebanyak 5 (lima) orang.

Berikut laporan lengkap perkembangan dan perubahan data Covid-19 Sumbar, hari ini, Selasa, (07/07/2020), sebagaimana dikutip Topsumbar.co.id dari rilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis data terakhir pembaharuan dan rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar hingga Selasa, (07/07/2020), pukul 16:00 WIB.

Menyebutkan total sampai hari ini jumlah warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 berjumlah sebanyak 780 orang atau bertambah sebanyak 5 (lima) orang bila dibandingkan dengan jumlah sehari sebelumnya, Senin, (06/07/2020) sebanyak 775 orang.

Selanjutnya pasien sembuh pada hari ini bertambah sebanyak 10 orang. Jumlah ini sekaligus koreksi atas jumlah sebanyak 4 (empat) orang sebagaimana telah diberitakan dalam berita info Covid-19 Sumbar pagi tadi.

Dengan demikian jumlah pasien sembuh hari ini menjadi 637 orang. Sebelumnya Senin, (06/07/2020), kemarin tercatat berjumlah 627 orang.

Sedangkan pasien meninggal dunia, hari ini tercatat berjumlah 31 orang atau sama dengan total jumlah sehari sebelumnya, Senin, (06/07/2020).

Adapun rincian total 780 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, adalah:

Dirawat di berbagai rumah sakit 54 orang (6,9%)
Isolasi diberbagai fasilitas 58 orang (7.4%)
Meninggal dunia 31 orang (4%)
Sembuh 637 orang (81,7%)

Diterangkan Jasman, berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

“Melaporkan bahwa dari 460 sample dari berbagai rumah sakit kabupaten dan kota se-Sumbar (440 diperiksa di Lab Unand dan 20 sample di Baso Agam), terkonfirmasi sample positif sebanyak 5 (lima) orang. Yaitu, 3 (tiga) orang dari Kota Padang dan 2 (dua) orang dari Kabupaten Limopuluh Kota.

Berikut rincian pertambahan 5 (lima) orang positif Covid-19 dan 10 orang sembuh hari ini :

Kota Padang*

  1. Pria 38 th, warga Cupak Tangah, pekerjaan karyawan BUMN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Wanita 30 th, warga Batipuah Panjang, pekerjaan honorer, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di RST. Reksodiwiryo.
  3. Wanita 55 th, warga Kalumbuak, status IRT, diduga terpapar dari keseharian, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kabupaten Limopuluah Kota

  1. Pria 34 th, warga Sungai Kamuyang, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Wanita 15 th, warga Sungai Kamuyang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Pasien sembuh sebanyak 10 orang dengan rincian:

  1. Wanita 30 th, warga Panyalaian X Koto Kab. Tanah Datar, pekerjaan, ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.
  2. Wanita 27 th, warga Lubuak Lintah Kota Padang, pekerjaan swasta, diduga terpapar dari Pasar Raya, pasien RSUD Rasidin Padang.
  3. Wanita 35 th, warga Piai Tangah, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.
  4. Wanita 16 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.
  5. Pria 63 th, warga Alahan Nan Tigo Kab. Dharmasraya, pekerjaan petani, terinfeksi karena pulang dari Makassar tanggal 22 Maret 2020, pasien RSUD. Sungai Dareh.
  6. Wanita 11 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  7. Pria 15 th, warga Kuranji, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  8. Pria 11 th, warga Kuranji, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  9. Pria 9 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  10. Wanita 40 th, warga Piai Tangah, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se-Sumatera Barat, Selasa 07 Juli 2020 pukul 14.00 WIB.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.919 orang.
Proses pemantauan 134 orang, dengan rincian karantina Pemda 0 orang dan 134 orang isolasi mandiri.
Selesai pemantauan 9.785 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1379 orang.
Masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. 20 orang.
Dinyatakan negatif, pulang dan sembuh 1359 orang.

“Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ajak Jasman.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman Rizal yang adalah juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...