Update Covid-19 Sumbar 2 Agustus : Rincian Terkonfirmasi Positif dan Sembuh Hari Ini

172

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kembali merilis data terbaru data pantauan pasien Covid-19 se-Sumbar.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis data terakhir pembaharuan dan rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar hingga Minggu, (02/08/2020), pukul 16:00 WIB.

Juga diterima Topsumbar.co.id menyebutkan total sampai hari ini jumlah warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 berjumlah sebanyak 957 orang atau bertambah sebanyak 9 (sembilan) orang bila dibandingkan dengan jumlah update terakhir, Jumat, (31/07/2020) sebanyak 948 orang.

Selanjutnya pasien sembuh pada hari ini bertambah sebanyak 8 (delapan) orang.

Dengan demikian jumlah pasien sembuh hari ini total tercatat 768 orang. Sebelumnya pada update terakhir, Jumat, (31/07/2020), tercatat 760 orang.

Sedangkan pasien meninggal dunia, hari ini tercatat berjumlah 34 orang atau sama dengan total jumlah pada update terakhir, Jumat, (31/07/2020).

Adapun rincian total 957 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, adalah :

  1. Dirawat di berbagai rumah sakit 67 orang (7,0%)
  2. Isolasi mandiri 66 orang (6,9%)
  3. Isolasi daerah 6 orang (0,6%)
  4. Isolasi BPSDM 16 orang (1,7%)
  5. Meninggal dunia 34 orang (3,6%)
  6. Sembuh 768 orang (80,3%)

Diterangkan Jasman, berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

“Melaporkan bahwa dari 708 pemeriksaan sample di Lab Fakultas Kedokteran UNAND (Lab Veteriner Baso Agam tidak ada pemeriksaan), terkonfirmasi tambahan 9 (sembilan) orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 dan kesembuhan pasien Covid-19 setelah 2 (dua) kali konversi sebanyak 8 (delapan) orang,” terang Jasman.

Adapun secara total jumlah spesimen diperiksa sampai hari ini, Minggu, (02/08/2020) adalah 72.881. dan jumlah orang diperiksa : 63.749.

Positivity Rate (PR) : 1,50% (sampai hari ini masih terendah dan terbaik nasional),” terang Jasman menambahkan.

Selanjutnya, diterangkannya, 9 (sembilan) orang warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini berasal dari Kota Padang 7 (tujuh) orang, Kota Solok 1 (satu) orang dan Kab. Solok 1 (satu) orang.

Berikut rincian pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 9 (sembilan) orang dan sembuh 8 (delapan) orang, hari ini :

Kota Padang

  1. Wanita 31 th, warga Dadok Tunggua Hitam, status IRT, diduga terpapar dari aktivitas keluarga, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Pria 42 th, warga Batuang Taba, pekerjaan Wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di Semen Padang Hospital.
  3. Pria 10 th, warga Batuang Taba, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di Semen Padang Hospital.
  4. Wanita 56 th, warga Kubu Marapalam, pekerjaan Swasta, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan dirawat di RS. BMC Padang.
  5. Pria 49 th, warga Andaleh, pekerjaan karyawan bank, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  6. Pria 36 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, pekerjaan karyawan bank, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  7. Pria 16 th, warga Lubuak Lintah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kota Solok

  1. Pria 18 th, warga Tanah Garam, pekerjaan Honorer, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kabupaten Solok

  1. Pria 59 th, warga Saok Laweh, pekerjaan Tukang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Pasien sembuh sebanyak 8 (delapan) orang dengan rincian :

  1. Wanita 32 th, warga Parak Gadang Timur, pekerjaan Swasta, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien Semen Padang Hospital.
  2. Wanita 30 th, wargs Batuang Taba, pekerjaan Tenaga Kesehatan, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien Semen Padang Hospital.
  3. Wanita 20 th, warga Gates, pekerjaan Security, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.
  4. Pria 56 th, warga Limau Manih Selatan, pekerjaan Tukang Ojek, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien RSUD Rasidin Padang.
  5. Wanita 55 th, warga Kubu Marapalam, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  6. Pria 50 th, warga Kubu Marapalam, pekerjaan karyawan Swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  7. Wanita 50 th, warga Kubu Marapalam, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  8. Wanita 57 th, warga Rimbo Kaluang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Dinkes Padang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar, Minggu 02 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Kasus Suspect dengan total 66 orang.
Dirawat sebanyak 13 orang.
Isolasi mandiri sebanyak 53 orang.

“Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ajak Jasman.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman Rizal yang adalah juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...