Update Covid-19 Kabupaten Solok 1 Agustus, Ini Gambaran Pasien yang Terkonfirmasi

211
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam.
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam.

Informasi data Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Solok hari ini, yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dan dijelaskan oleh Kabag Humas, Syofiar Syam, S. Sos, M. Si kepada Topsumbar.co.id pada hari Sabtu, 01 Agustus 2020.

Jubir Covid-19 Syofiar Syam, S. Sos, M. Si menjelaskan bahwa jumlah data Covid-19 di Kabupaten Solok, untuk kasus suspect dirawat dan karantina mandiri masih sama dengan hari kemarin (nihil), dan data kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Solok pada hari ini masih tetap berjumlah 16 (enam belas) orang, masih sama juga dengan hari kemarin, sedangkan untuk pemeriksaan spesimen pada hari ini mengalami peningkatan yang signifikan, pada dari hari sebelumnya hanya berjumlah 2.209 (dua ribu dua ratus sembilan) orang menjadi 2.221 (dua ribu dua ratus dua puluh satu) orang di Kabupaten Solok.

Selanjutnya Syofiar Syam menerangkan bahwa, sampai sekarang total warga Kabupaten Solok yang konfirmasi Covi-19 sebanyak 16 (enam belas) orang, terdiri dari karantina di BPSDM Provinsi Sumatera Barat sebanyak 1 (satu) orang, karantina mandiri sebanyak 4 (empat) orang, dirawat sebanyak 1 (satu) orang, dan meninggal dunia sebanyak 3 (tiga) orang serta yang sembuh sebanyak 7 (tujuh) orang, berikut rinciannya :

  1. Laki-laki, Umur 39 tahun, beralamat di Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, yang bersangkutan merupakan sampel swab massif ASN Kota Solok, ASN yang sehariannya bekerja di Kantor Camat Tanjung Harapan Kota Solok, yang bersangkutan tidak ada riwayat perjalanan ke luar daerah dan untuk proses penyembuhannya, yang bersangkutan di Karantina di BPSDM Provinsi Sumatera Barat.
  2. Perempuan, Umur 39 tahun alamat Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, yang bersangkutan merupakan istri dari kontak erat pasien kasus Comfirmasi Covi-19, ASN Kota Solok kemarin, yang bersangkutan sedang Karantina Mandiri di rumahnya di Saok Laweh.
  3. Laki-laki, Umur 4 bulan (masih bayi), beralamat di Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, yang bersangkutan merupakan anak dari kontak erat pasien positif ASN Kota Solok kemarin, yang bersangkutan sedang di Karantina Mandiri di rumahnya.
  4. Perempuan, Umur 74 tahun, beralamat di Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, yang bersangkutan merupakan Mertua dari kontak erat pasien positif ASN Kota Solok kemarin, yang bersangkutan juga di Karantina Mandiridi di rumahnya.
  5. Laki-laki, Umur 50 tahun, yang bersangkutan merupakan Pegawai Balitbu Aripan, beralamat di Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, yang bersangkutan merupakan hasil sampel dari Program Pool Test Kab. Solok, riwayatnya, karena sering bepergian ke luar daerah, untuk sementara dilakukan Karantina Mandiri kepadanya.
  6. Laki-laki, Umur 64 tahun, alamat Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, yang bersangkutan Dirawat di ruang isolasi RSUD M. Natsir dari tanggal 09 juli 2020 dan pada tanggal 24 Juli 2020, yang bersangkutan dipindahkan ke Semen Padang Hospital untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

Kemudian, untuk kasus konfirmasi Covi-19 yang telah meninggal dunia, berikut rinciannya :

  1. Laki-laki, 77 tahun Alamat Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin, yang bersangkutan telah Meninggal dunia sejak tanggal 21 April 2020 lalu.
  2. Laki-laki, umur 69 tahun alamat Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, yang bersangkutan juga sudah Meninggal dunia di RSUD Arosuka sejak tanggal 14 mei 2020.
  3. Perempuan, Umur 8 tahun alamat Nagari salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, yang bersangkutan telah Meninggal dunia pada tanggal 24 Juni 2020 jam 23.00 Wib. Pasien merupakan rujukan dari RSUD Arosuka tanggal 22 juni 2020 lalu.

Selanjutny Dinkes, melalui Syofiar Syam juga merincikan pasien konfirmasi Covid-19 yang sembuh di Kabupaten Solok :

  1. Perempuan, 35 tahun, alamat Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin, kontak erat dengan pasien konfirmasi Covid-19 an. Syarifudin (anak), dinyatakan sembuh pada tanggal 10 Mei 2020 setelah dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil negatif sebanyak 2 (dua) kali.
  2. Laki-laki, 41 tahun, alamat Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin, Kontak erat dengan pasien konfirmasi Covid-19 an. Syarifudin (menantu) dinyatakan sembuh pada tanggal 10 Mei 2020 setelah dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil negatif sebanyak 2 (dua) kali.
  3. Laki-laki, 3 tahun, alamat Nagari surian Kecamatan Pantai Cermin, Kontak erat dengan pasien konfirmasi Covid-19 an. Syarifudin (cucu) dinyatakan sembuh tgl 10 Mei 2020 setelah dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil negatif sebanyak 2 (dua) kali.
  4. Perempuan, umur 49 tahun, alamat Nagari Bukit Kanduang Kecamatan X Koto Di atas, riwayat perjalanan ke RSUD Padang panjang pada tanggal 23 April 2020, dinyatakan sembuh setelah dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil negatif sebanyak 2 (dua) kali, pada tanggal 13 Mei 2020 dan 22 Mei 2020.
  5. Laki-laki, umur 44 tahun, alamat Nagari Koto baru, yang bersangkutan kontak erat dengan kasus konfirmasi Covid-19 Kota Solok a/n BAH, dinyatakan sembuh pada tanggal 05 Juni 2020 setelah dilakukan tes swab sebanyak 2 (dua) kali dengan hasil negatif.
  6. Perempuan, umur 52 tahun, alamat Nagari Surian, kontak erat dengan pasien konfirmasi Covid-19 an. Syarifudin (istri), dinyatakan sembuh pada tanggal 09 Juni 2020, setelah dilakukan tes swab sebanyak 2 (dua) kali dengan hasil negatif.
  7. Perempuan, Umur 88 tahun, alamat Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, yang bersangkutan kontak erat dengan pasien Comfirmasi Covi-19 an. Desen, dan dinyatakan sembuh pada tanggal 29 Juli 2020 setelah 2 kali dilakukan pemeriksaan Spesimen dengan Hasil Negatif pada tanggal 24 Juli & 27 Juli 2020.

Kemudian untuk pemeriksaan spesimen yang telah dilakukan oleh tenaga medis Covid-19 kabupaten Solok, untuk rapid test sebanyak 86 orang dan pelaksanaan spesimen mengalami peningkatan menjadi 2.221. Kegiatan sampel pool test di nagari-nagari yang ada didaerah kabupaten Solok, tambahnya. (Andar MK)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...