Tambah Wawasan Tentang Tugas dan Fungsi Instansi Pemerintah, 90 Siswa YARI School Kunjungi DPRD Sumbar

Sekwan DPRD Sumbar saat audiensi dengan siswa SD YARI School Kota Padang

PADANG, TOP SUMBAR — Dalam menambah wawasan siswa tentang tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), 90 orang siswa Yayasan Yayasan Anak Republik Indonesia (YARI) School Kota Padang untuk kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD) berkunjung ke DPRD Sumbar, Selasa (10/9).

Cara belajar dengan sistim Outing, atau belajar di luar kelas telah lama dilakukan oleh yayasan tersebut guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap instansi dan lembaga pemerintahan di Kota Padang ini.

“Outing ke beberapa instansi itu merupakan salah satu program wajib kita, dan biasanya dilakukan tiap semester,” ujar Wakil Kepala Sekolah SD YARI School Mis Meri pada TopSumbar.co.id.

Lebih lanjut Mis Meri mengatakan, di semester sekarang ini SD YARI School merupakan jadwal kita kelas besar 4, 5 dan 6 mengunjungi DPRD Sumbar.

“Kegiatan Outing bertujuan agar anak-anak bisa menyerap materi pembelajarannya, jadi tidak hanya dari dalam kelas tapi juga dari luar lingkungan kelas sekolahnya,” ungkapnya.

Kegiatan ini, dilanjutkan Mis Meri, juga berkaitan dengan penguatan karakter, bahwa anak-anak perlu tau bagaimana sistim pemerintahan di Indonesia itu dan untuk itu kita mendatangi dengan skala yang lebih kecil yaitu DPRD.

“Dengan mendatangi DPRD Sumbar ini, kita berharap agar anak-anak dapat menyerap dan memahami pelajarannya, mereka bisa tau lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat provinsi,” harapnya.

Sekretaris DPRD, Raflis menyambut siswa SD YARI School bersama beberapa orang jajarannya di Sekretariat DPRD. Dia mengapresiasi kedatangan anak-anak tersebut ke gedung DPRD Sumbar tersebut.

“Kami apresiasi atas kedatangan siswa SD YARI School ke gedung DPRD Sumbar untuk belajar dan mencari tahu seluk beluk kelembagaan DPRD,” ujarnya.

Raflis juga mengapresiasi guru-guru yang telah mengajak siswanya untuk datang ke gedung DPRD Sumbar untuk memberikan pengenalan kelembagaan DPRD kepada anak-anak sejak dini.

Dengan bahasa yang sederhana, Raflis menerangkan fungsi DPRD kepada para siswa. Anggota DPRD berasal dari partai politik dan dipilih oleh masyarakat melalui Pemilihan Umum (Pemilu). Untuk periode 2019-2024 ini anggota DPRD Sumbar berasal dari sembilan Partai Politik (Parpol) yaitu Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, Golkar, PPP, PDIP, Nasdem dan PKB.

“Anggota dewan terbanyak berasal dari Partai Gerindra yaitu 14 kursi. Kemudian dari PKS ada 10 kursi, Demokrat ada 10 kursi serta PAN juga 10 kursi,” terang Raflis menjawab pertanyaan salah seorang siswa SD YARI School.

Raflis juga menerangkan mengenai tugas-tugas anggota DPRD kepada para siswa. Dia berharap, pengenalan lingkungan lembaga DPRD akan mendorong generasi bangsa ke depan semakin cerdas dalam mengenal lembaga-lembaga pemerintahan serta memahami fungsi masing-masing lembaga tersebut.

“Tidak menutup kemungkinan juga, diantara anak-anak yang hadir hari ini ada yang menjadi anggota DPRD nantinya. Untuk itu kalian harus rajin belajar supaya cerdas dan bisa mencapai apa yang kalian cita-citakan,” pesan Raflis. (Syafri)

LEAVE A REPLY