Sialang Gaung, Maju Sebagai Nagari Peduli Pertanian Wakili Kecamatan Koto Baru

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR–Kali ini giliran Nagari Sialang Gaung dikunjungi oleh tim penilai dari Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya. Nagari Sialang Gaung mewakili Kecamatan Koto Baru sebagai Nagari Peduli Pertanian. Kategori Nagari Peduli Pertanian ini baru dua tahun terakhir ini diselenggarakan oleh Dinas tipe-A ini. Dengan tujuan untuk memberikan apresiasi kepada Pemerintahan Nagari yang turut serta dalam Pembangunan Sektor Pertanian. Dan kategori ini merupakan ide dari Kepala Dinas, Darisman.

Adapun bukti kepedulian Pemerintahan Nagari Sialang Gaung dalam sektor Pertanian antara lain kebijakan. Seperti dengan Peraturan Nagari (Pernag) tentang Penanganan Ternak. Penganggaran Nagari pun tidak Tanggung-tanggung digelontorkan oleh Pemerintahan Nagari Sialang Gaung, baik untuk kegiatan fisik maupun kegiatan pemberdayaan.

Untuk kegiatan Fisik atau Infrastruktur, tiga tahun terakhir, Nagari Sialang Gaung yang di nahkodai oleh Sahrial ini, sudah menganggarkan hampir 1 Milyar. Dimana anggaran tersebut ditujukan kepada pembangunan dan pengembangan Jalan Usaha Tani serta Jalan Produksi, sehingga memperlancar kegiatan usaha tani masyarakat, baik komoditi tanaman pangan ataupun perkebunan.

Melihat potensi Sumber Daya Alam Nagari yang melimpah di sektor pertanian. Pemerintahan Nagari tidak lupa untuk membangun Sumber Daya Manusia Pertaniannya. Ditandai dengan tetap diadakannya pelatihan-pelatihan bidang pertanian setiap tahun. Seperti Pelatihan Budidaya Belut, Pengelolaan Pakan Ternak, Budidaya Ikan Lele.

Yang tidak kalah pentingnya, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Nagari Sialang Gaung pun bergerak di sektor pertanian. Tepatnya peternakan sapi, baik untuk pembibitan maupun penggemukan.

Selain itu Pemerintahan Nagari Sialang Gaung mendukung secara penuh kegiatan-kegiatan lingkup pertanian yang ada di daerahnya. Terutama dalam mendukung Upaya Khusus (UPSUS) Peningkatan Produksi Pangan. Seperti mensukseskan kegiatan cetak sawah dengan luas ± 20 ha. Sampai sekarang sawah cetak tersebut tetap di olah oleh masyarakat. Nagari Sialang Gaung juga mendukung kegiatan-kegiatan pengolahan hasil dan pemasaran hasil spesifik lokalitanya Sialang Gaung, seperti Industri Rumah Tangga keripik tempe Matahari, pemasaran hasil pertanian seperti durian, duku, buah daro, jamur sawit dan lainnya.

Nagari Sialang Gaung juga ikut mendukung penumbuhan dan pengembangan kelompok tani. Ini ditandai dengan kelembagaan petani yang ikut lomba pada tahun ini juga berasal dari Sialang Gaung. Untuk Kelompok Tani berprestasi di wakili oleh Kelompok Tani Mulia, Jorong Padang Bingungan VI. Sedangkan Kelompok Wanita Tani berprestasi di wakili oleh KWT Bumi Makmur, Jorong Padang Bingungan lll. (Yanti/Hms)

LEAVE A REPLY