Puskesmas Ibuh PKPR Ke Sekolah, Gandeng KPA Kota Payakumbuh

Payakumbuh — Usai dilaksanakan di SMA Nusantara dan MAN 2 Payakumbuh, Puskesmas Ibuh kembali menggelar Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di SMAN 4 Payakumbuh, Selasa (8/10).

Tidak hanya melakukan penyuluhan kesehatan, Puskesmas Ibuh juga membawa instansi vertikal yang diketuai oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi yaitu Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Payakumbuh.

Dihadapan Kepada Siswa SMAN 4 dipaparkan bagaimana puskesmas memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat khususnya remaja, disamping itu selain memberikan layanan pencegahan (preventive), Pengobatan (kuratif), Promosi dan Rehabilitasi.

“Puskesmas PKPR juga menjalankan kegiatan seeperti Pemberian informasi dan edukasi, Pelayanan klinis medis (termasuk pemeriksaan penunjang dan rujukan) konseling, pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), dan pelatihan Konselor Sebaya,” kata Dokter Fadlan, selaku Kepala Puskesmas Ibuh menjelaskan.

Sekretaris KPA Fahman Rizal mengapresiasi Puskesmas Ibuh yang telah bersinergi bersama KPA dalam melakukan sosialisasi kepada siswa sekolah, Fahman menyebut setidaknya tindakan preventif yang dilakukan bagi siswa sekolah akan berdampak baik bagi peilaku siswa.

“Kita sangat mengapresiasi Puskesmas ibuh dengan sinergisitasnya, semoga kedepannya kerjasama ini dapat berlanjut untuk melindungi generasi muda kita di Payakumbuh dari bahaya HIV/AIDS dan masalah kesehatan lainnya,” kata Fahman.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Payakumbuh Makziwel mengatakan dalam Kompetensi Dasar dalam pelajara Biologi, yaitunya melakukan kampanye tentang bahaya HIV/AIDS di sekolah.

“Dengan adanya materi dari KPA, siswa kami langsung mendapatkan pemahaman dari ahlinya, sangat bermanfaat sekali, ditambah dengan layanan dari puskesmas, kami apresiasi perhatian dari Pemko Payakumbuh,” kata Makziwel. (ton)

LEAVE A REPLY