Pusdiklatcab Kota Solok Ikuti Vicom dengan Korps Pelatih se-Indonesia

199

Kwartir Cabang (Kwarcab) 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan (Pusdiklatcab), lakukan pertemuan Rapat Koordinasi (Rakor) Virtual Meeting dengan Korps Pelatih se-Indoensia, yang bertempat di ruangan E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok, Selasa (09/6/2020).

Kegiatan ini fasilitasi oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan (Pusdiklatnas), sebagai host yang berada di Kwartir Nasional (Kwarnas). Sebagai moderator Kak Yana dan dihadiri oleh Ka. Pusdiklatnas Kak Joko Mursitho. Pusdiklatcab dihadiri oleh Kak Iskandar selaku Ka. Pusdiklatcab, Kak Ali Musber Waka Bina Muda, Kak Anasrul Sekretaris Kwarcab, Indrayani bendahara Kwarcab dan Wadirman Korps Pelatih.

Dalam Vicom ini, Korps pelatih se Indonesia membahas tentang pendataan akreditasi Pusdiklat yang berada di Kwarcab dan Akreditasi Gugus Depan (Gudep) yang berpangkalan di sekolah-sekolah. Untuk Akreditasi Gudep, Kak Joko Mursitho memaparkan kembali komponen-komponen cakupan dalam akreditasi Gudep yaitu pendataan anggota pramuka, administrasi Gudep, pengelolaan Gudep, kompetensi pembina, kegiatan Gudep, pencapaian SKU/SKK/SPG, sarana prasarana, pengalaman pembina dan penghargaan/prestasi Gudep.

Untuk akreditasi Pusdiklat dalam Vicom kali ini merupakan pengumpulan saran dan masukan dari Pesdiklatcab se-Indonesia, dan nantinya akan dibahas dalam jajaran Pusdiklatda dan pusdiklatnas.

“Selama ini belum ada standar penilaian untuk akreditasi Pusdiklat untuk itu dalam pertemuan ini dikumpulkan saran kakak-kakak Ka. Pusdiklatcab untuk dapat memberikan saran dan akan di jadikan rancangan akreditasi Pusdiklatcab kedepannya” ujar Kak Joko, menjawab semua saran dan pertanyaan.

Selama kegiatan Vicom berlangsung, lebih kurang dua (2) jam berjalan Ka. Pusdiklatcab Kota Solok Kak Iskandar menyampaikan saran, kalau bisa Gerakan Pramuka kembali dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan bukan dibawah Kemenpora. Karena anggota Pramuka pada umumnya berada di sekolah, agar semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar dalam pengawasannya.(Syafri)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...