Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Segera Hadir di UIN Imam Bonjol Padang

Dr. Arwendria, S.IP., M.Si, salah seorang dosen sekaligus penggagas dan penyusun usulan program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang.
Dr. Arwendria, S.IP., M.Si, salah seorang dosen sekaligus penggagas dan penyusun usulan program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang.

Merespon kebutuhan Global: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Kantongi Izin Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

PADANG, TOP SUMBAR — Meningkatnya jumlah kebutuhan terhadap tenaga pustakawan, information specialist, knowledge manager, dan profesional informasi lainnya di Indonesia belum sebanding dengan jumlah perguruan tinggi penyelenggara pendidikan ilmu perpustakaan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tahun 2019 jumlah perpustakaan di Indonesia menempati posisi terbanyak ke dua di dunia, yaitu 164.610 perpustakaan dan posisi pertama ditempati oleh India dengan jumlah 323.605.

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang, merupakan salah satu fakultas yang menyelenggarakan pendidikan ilmu perpustakaan yang pertama di luar pulau Jawa, yakni pada tahun 1999 telah merintis pendidikan diploma tiga Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (D3 Ilmu Perpustakaan red) menjawab kebutuhan masyarakat akan tenaga profesional informasi dan perpustakaan yang siap mengelola lembaga dan institusi informasi nantinya.

Dr. Arwendria, S.IP., M.Si, salah satu penggagas dan penyusun usulan program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam di Kementerian Agama 28 Maret 2019 lalu menyampaikan, “Alhamdulillah program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam telah memenuhi persyaratan akreditasi program studi pada perguruan tinggi Islam dengan diterbitkannya SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 4/SK/BAN-PT/Min-Akred/II/2019,” katanya.

“Usulan program studi ini telah kami susun secara maraton pada tahun 2018, melibatkan dosen-dosen muda di Program Studi Ilmu Perpustakaan yang memiliki semangat dan motivasi dalam pengembangan kajian perpustakaan dan informasi Islam” ulas Dr. Arwendria selepas menindaklanjuti usulan pembukaan program studi ini, Kamis (28/03/2019) di Kementerian Agama.

Selanjutnya, ketua Tim Penyusunan Borang Usulan Prodi Ilmu Perpustakaan Lailaturrahmi, M.Hum menyampaikan “Alhamdulillah, kerja keras dan panjang ini sudah lulus di Badan Akreditasi Nasional. kami berharap Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam kelak menjadi pusat pengembangan kajian-kajian yang terkait dengan informasi dan perpustakaan” jelas Lailaturrahmi.

Lailaturrahmi juga menjelaskan, mengenai kurikulum memang sedikit berbeda dengan penyelenggara pendidikan ilmu perpustakaan lainnya, kurikulum Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam kita sesuaikan dengan KKNI, dan lebih diarahkan pada pengelolaan kajian Islam. Hal ini dilatarbelakangi institusi penaungnya UIN Imam Bonjol Padang yang menjadi pusat kajian Islam di Indonesia.

Kandidat Doktor Dian Hasfera, S.Sos., M.I.Kom sebagai sekretaris dan penyusun kurikulum program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, juga mengatakan bahwa mata kuliah yang akan diberikan seperti: Taxonomy Pengetahuan Islam, Knowledge Management, Bahasa Arab Keprofesian dan beberapa pengetahuan lainnya yang akan mengantarkan lulusan untuk dapat bersaing secara global,” jelasnya.

Sarana dan prasarana untuk dibukanya program studi ini telah disediakan, seperti perekrutan dosen-dosen pengampu masing-masing mata kuliah yang memiliki kompetensi dan reputasi dalam bidang nasional dan internasional. Hal tersebut terlihat dari riset dan publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen telah di presentasikan dalam berbagai konferensi nasional dan internasional.

Tahun 2017 lalu juga telah dilakukan perekrutan dosen pada formasi CPNS 2017, Fadhila Nurul Husna Zalmi, M.Hum., dengan kualifikasi Ilmu Perpustakaan tamatan Universitas Indonesia. Tidak sampai disana penyiapan SDM terus ditingkatkan dengan membuka formasi lulusan terbaik pada tahun 2018, yang diisi oleh M.Fadli, S.Sos., M.I.Kom yang mengantongi penghargaan Rektor Unpad Tahun 2014 sebagai lulusan terbaik program magister, dengan indeks prestasi 4.00 dan berbagai publikasi internasional.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora menyambut baik hadirnya program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam ini, karena telah didahului oleh studi analisis kebutuhan yang dilakukan oleh tim. pada kesempatan tersebut Dekan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim. (H/min)

LEAVE A REPLY