Polresta Solok Gagalkan Penyelundupan 90 Kg Ganja Aceh

Kapolresta Solok, AKBP Dony Setiawan saat Press Release di Mapolresta Solok

PADANG, TOP SUMBAR — Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solok mengamankan 90 Kg Narkoba jenis Ganja, Rabu (27/12/ 2017) sekitar pukul 20.00 WIB. Di kawasan Jorong Biteh, Nagari Kacang dan kawasan Nagari Singkarak, Kabupaten Solok.

Barang haram tersebut dibawa oleh seorang pria bernama Rozi 32 tahun, yang merupakan warga Lhokseumawe, Aceh. Pelaku membawa barang tersebut melalui jalur darat dengan mengendarai Mobil Toyota Rush warna Silver dengan Nomor Polisi BA 1653 RN.

Paket Ganja yang diamankan oleh Polresta Solok tersebut berjumlah 90 paket dengan berat 90 Kg. Selain itu, Petugas juga turut mengamankan satu paket kecil Shabu lebih kurang sebanyak 1 gram, sebuah bong dan dua buku rekening serta 2 Unit Handphone.

“Ganja tersebut, dari hasil analisa dan informasi lapangan yang kami kerjakan, memang sengaja dibawa dari Aceh menuju Solok,” kata Kapolresta Solok AKBP Dony Setiawan, dalam Press Release di Mapolresta Solok Kamis (28/12).

Dilanjutkan Doni Setiawan, penangkapan tersangka bandar Narkoba yang membawa 90 Kg Ganja sempat diwarnai aksi penghadangan dan tembakan senjata api.

“Pelaku sempat kabur saat dihadang oleh petugas yang kami bagi menjadi tiga tim,” terangnya.

Dijelaskannya, ada dua lokasi penghadangan yang dilakukan oleh tim, pertama di Biteh Nagari Kacang, Kecamatan Singkarak, Kabupaten Solok.

Tim 1 Polresta Solok dipimpin Kapolresta Solok, melakukan penghadangan. Namun, tersangka berhasil menerobos dan menabrak mobil personil Polresta Solok. Kapolresta Solok sempat menembak ban mobil pelaku sebelah kiri depan. Tapi pelaku nekat membawa  mobil dalam kondisi ban sudah kempes.

Ketika Mobil pelaku sampai di depan Polisi Sektor (Polsek) X Koto Di Bawah Singkarak, menuju lokasi depan Pospam. Personil Polresta Solok yang berada di Pos Pam Dermaga Danau Singkarak mencoba melakukan penghadangan dengan barikade truk Dalmas dilintangkan di tengah jalan.

Namun, pelaku berhasil menyisip dan menerobos sisi jalan sebelah kanan sehingga dinding mobil pelaku ringsek. Wakapolres yang berada di ujung jalan dekat Pospam berusaha menembak ke arah mobil pelaku.

“Sehingga diperkirakan Radiator air mobil pelaku bocor, pelaku tetap bisa melarikan kendaraannya ke TKP 2 di Jorong Lembang Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok.  kemudian Tim 2 melakukan pengejaran ke TKP 2 dan menembak pelaku yang sempat lari ke arah sawah,” jelasnya. (Syafri)

LEAVE A REPLY