Pengelolaan Arsip Digital Segera Diterapkan Pemko Padang

PADANG, TOP SUMBAR — Wali Kota Padang diwakili oleh Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kota Padang Didi Aryadi membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Kearsipan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Padang Tahun 2019 di Kyriad Hotel Bumi Minang, Selasa (5/3/2019).

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Fauzil Mahfuz menyampaikan tujuan diadakannya Bimtek tersebut adalah untuk mewujudnya pengelolaan kearsipan yang sesuai aturan dan dapat dipertanggungjawabkan, untuk membentuk SDM pengelola kearsipan yang memiliki kemampuan, keterampilan dan wawasan kearsipan; serta untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja terkait pelayanan di bidang kearsipan di lingkungan Pemko Padang

Sementara itu Asisten Administrasi Didi Aryadi mengatakan, kemajuan teknologi informasi telah memberikan pengaruh yang sangat luas dalam pelaksanaan administrasi dan pembangunan yang turut meningkatkan peranan arsip itu sendiri.

“Dalam menyikapi hadirnya teknologi 4.0 tentu kita juga harus meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan arsip tidak hanya secara manual namun juga digital. Sebagaimana diketahui, perkembangan IT disamping memudahkan dalam pengelolaan arsip, juga membawa tantangan baru yaitu bagaimana melindungi arsip digital tersebut”, tutur Didi.

“Misalnya saja tanda tangan elektronik yang mulai diterapkan di beberapa SKPD di lingkungan Pemko Padang sebagai hasil dari kerjasama kita dengan Lembaga Sandi Negara. Tentu kita perlu pikirkan keamanannya”, jelasnya lagi.

Sejalan dengan itu, Rudi Anton dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selaku salah seorang narasumber mengingatkan untuk jangan “bermain-main” dengan data digital dan perangkatnya, karena data tersebut dapat tersimpan dan tersebar dengan mudah.

Sedangkan narasumber selain dari ANRI, juga dari Inspektorat Kota Padang, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Padang, Dinas Kominfo Kota Padang, Akademisi Universitas Negeri Padang, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatra Barat, serta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang.

Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari (5-6 Maret 2019) tersebut menghadirkan 104 orang peserta dari unsur sekretaris dan pengelola kearsipan SKPD di lingkungan Pemko Padang. (BT/RM)

LEAVE A REPLY