Pengaduan Masyarakat Pessel Sekarang Bisa LAPOR SP4N

Pemerintah Kabupaten Pessel sosialisasikan LAPOR SP4N
Pemerintah Kabupaten Pessel sosialisasikan LAPOR SP4N

PESISIR SELATAN, TOP SUMBAR — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan Ir. Erizon, MT, menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus mampu merespon cepat, sekaligus menindaklanjuti semua pengaduan yang disampaikan masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekda, Ir.Erizon, M.T saat membuka acara sosialisasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat ( LAPOR) sebagai Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di Hotel Hannah Painan, Selasa (12/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut juga dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bapedalitbang) Pesisir Selatan, Yozki Wandri dan diikuti oleh para Kepala Perangkat Daerah, Kabag di lingkup Setda, Kasubag Umum dan kepegawaian serta admin pengelolaan aplikasi pengaduan (SP4N) di lingkup Pemkab Pesisir Selatan.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakan, setiap laporan masyarakat yang disampaikan melalui SP4N harus direspon segera. Responnya tidak hanya sebatas jawaban normatif, tetapi harus ada tindak lanjut dan solusi konkrit.

“Jadi, kalau ada pengaduan dari masyarakat harus dijawab dengan tuntas serta solusinya secara nyata.”katanya.

Agar jawabannya cepat, kepads admin harus tanggap jika ada pengaduan, kata Sekda, harus dilaporkan kepada kepala perangkat daerah bersangkutan pada hari yang sama. Jika kepala perangkat daerah tidak mampu memberikan solusi, maka segera laporkan kepada sekda dan bupati.

Dikatakan, penerimaan laporan dan tindaklanjut oleh masing masing perangkat daerah akan dievaluasi secara berkala.

Lebih lanjut disampaikan, selaku aparatur pemerintah, ASN harus menyadari kalau kondisi sudah berubah, perubahan ditandai dengan berbagai fenomena sosial dan perkembangan teknologi yang ada dewasa ini. Persoalan yang ditemui masyarakat bisa saja disampaikan kepada pejabat di berbagai tingkatan dalam waktu singkat.

“Masyarakat dengan mudah dapat melaporkan permasalahan yang mereka hadapi kepada pejabat seperti bupati, gubernur bahkan presisen melalui media sosial dengan begitu cepat.”katanya

Untuk itu aparatur harus cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada ditengah tengah masyarakat. (RD)

Pos terkait