Pemko Payakumbuh Usulkan 194 PNS Terima Satyalancana Karya Satya

PAYAKUMBUH, TOP SUMBAR — Sebanyak 194 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh diusulkan untuk menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI. Hal itu diungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Payakumbuh Yasrizal melalui Kasubbid Pengembangan dan Kesejahteraan, Rica, S.Sos, saat dihubungi Senin (15/04/2019).

Dikatakan, proses pengusulan nama penerima penghargaan yang akan diberikan Presiden RI melalui Sekretaris Militer pada Sekretariat Negara Republik Indonesia selaku Sekjen Dewan Tanda Kehormatan RI  melalui Mendagri.

“Benar, beberapa waktu lalu kami mewakili pemko langsung membawa berkas yang berisi nama-nama PNS dilingkungan Pemko Payakumbuh yang diusulkan menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya untuk periode Agustus 2019 mendatang,” ujar Rica. 

Dikatakan, pada pertemuan tersebut, pihak Kemendagri menyambut baik usulan dari Pemko Payakumbuh. Pihak Kemendagri langsung melakukan proses verifikasi terhadap data PNS yang diusulkan tersebut. 

“Kita dalam posisi menunggu hasil verifikasi data dari Kemendagri, mudah-mudah ke 194 PNS yang kita usulkan disetujui untuk menerima penghargaan tersebut,” ujarnya. 

Satyalancana Karya Satya sendiri merupakan sebuah tanda penghargaan yang diberikan Presiden RI kepada PNS yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih yang secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya. 

Dari 194 PNS yang diusulkan, adapun menerima penghargaan, sebanyak 117 orang diusulkan untuk Satya 10 tahun, 41 orang untuk Satya 20 tahun dan 36 orang untuk Satya 30 tahun.

“Untuk Satya 30 tahun termasuk Bapak Sekda, Rida Ananda,” pungkas Rica. (Toni)

LEAVE A REPLY