Pemkab Solok Tambah Posko Penanggulangan Covid-19 di Lubuk Selasih

265

Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melakukan penambahan posko penanggulangan dan penanganan serta pencegahan Covid-19 di Lubuk Selasih Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang, pada hari Minggu (05/04/2020), yang beralamat di jalan raya Solok Padang lebih tepatnya di LBS.

Dalam penambahan Posko penanganan Covid-19 tersebut Bupati Solok (H. Gusmal, SE, MM) dan Kapolres Solok Arosuka (AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK, M.Si) meninjau langsung pendirian dan kondisinya, kemudian Kepala Dishub (M. Jhoni, S.STP) dan Kepala Dinkes (dr. Maryeti Marwazi, Mars) serta Kalaksa BPBD (Armen AP, MM) dan Kabag Humas (Syofiar Syam, S.Sos, M.Si) juga ikut mendampingi Bupati ke penambahan posko tersebut.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menyebut bahwa posko ini sudah yang ketiga didirikan di daerah Kabupaten Solok, gunanya adalah untuk melakukan pengecekan suhu tubuh dan kesehatan para pengendara lalu lintas dari daerah Padang-Solok, dengan tujuan untuk meminilasir penyebaran Covid-19 di daerah Kabupaten Solok khususnya.

Pada kesempatan itu juga Bupati berpesan kepada petugas Posko agar melakukan pemeriksaan secara jelas dan maksimal bagi pengendara, jika nanti ada pengendara yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat agar dapat diistirahatkan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut dan mendata riwayat perjalan pengendara yang bersangkutan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

Kemudian Bupati juga berpesan kepada Personil Kepolisian, BPBD dan kesehatan serta Dishub agar selalu koordinasikan dan komunikasikan setiap waktu agar pemerintah mengetahui perkembangan pemantauan Covid-19 di daerah Kabupaten Solok.

Jika ada pengendara dan penumpang yang memiliki ciri-ciri atau gejala terjangkit Covid-19 agar langsung berikan penanganan khusus dan lakukan pengawalan dan pemantauan kondisi kesehatan bagi perantau kita yang baru datang dari luar Kabupaten Solok.

Selanjutnya Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK, M.Si menyampaikan bahwa Kapolres beserta jajaran akan selalu mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang mewabah di beberapa daerah di Kabupaten Solok.

AKBP Azhar Nugroho dalam penanganan kasus Covid-19 ini, meminta kepada petugas agar mengarahkan pengendara yang memiliki gejala Covid-19 untuk balik arah, agar tidak memasuki daerah Kabupaten Solok.

Kapolres juga mengingatkan petugas agar tetap mengutamakam keselamatan masing-masing dan lakukan pendampingan saat pengecekan para pengendara yang memasuki daerah Kabupaten Solok.

Kegiatan peninjauan posko Penanggulangan dan penanganan serta pencegahan Covid-19 di Lubuk Selasih Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok tersebut juga diikuti oleh gabungan, yang terdiri dari Dishub, Dinkes, PMI dan BPBD serta TNI-POLRI.

(Andar MK)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...