PEMECAHAN REKOR MURI SAJIAN SATE IKAN NILA TERBANYAK BAKAL MERIAHKAN HUT DHARMASRAYA KE 15

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR–Perayaan ulang tahun Kabupaten Dharmasraya ke 15 menjadi sangat spesial. Pemerintah kabupaten yang dipimpin duet Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan H. Amrizal Dt. Rajo Medan itu akan mempersembahkan satu rekor MURI atas sajian sate ikan nila terbanyak yang akan dihidangkan untuk 1519 anak PAUD dan TK se Dharmasraya. Selain itu, Dinas Pendidikan juga akan menghadirkan boneka susan untuk bisa mendongeng di hadapan anak anak PAUD dan TK saat pemecahan rekor MURI berlangsung.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Reno Lazwardi, menyebut pihaknya telah menjalin kontrak dengan manajemen boneka susan untuk dapat hadir dan melakukan atraksi kampanye makan ikan bagi generasi kecil dan imut se Kabupaten Dharmasraya di Sport Center pada 5 Januari mendatang. “Biar tambah meriah acara festival makan sate ikan dalam rangka peringatan hari jadi kabupaten ini,” kata Reno Lazwardi, orang kedua di Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya ini.

Dengan kesediaan Ria Ernes, sosok yang memainkan boneka susan dan jadi idola anak anak, maka peringatan ulang tahun kabupaten ke 15 dijamin bakal meriah. Panitia kini tengah bekerja keras untuk menyiapkan acara yang bakal dihadiri ribuan orang ini. ” In syaa Allah kita siapkan paket acara yang mendidik bagi generasi cilik Dharmasraya,” imbuh Reno.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Budi Waluyo menjelaskan, festival makan sate ikan terbanyak dengan sajian 15.000 tusuk untuk 1519 anak PAUD dan TK se Dharmasraya dimaksudkan untuk mendorong agar generasi muda bisa membudayakan makan ikan. Sebab makan ikan bisa membuat otak makin cerdas, ketahanan tubuh makin kuat dan pastinya para pembudidaya ikan juga makin bersemangat dalam menjalankan usahanya.

“Saya pikir festival makan sate ikan nila yang baru pertama kali digelar, tidak untuk tujuan berhura hura, apalagi sekedar pemborosan. Akan tetapi merupakan siasat cerdas dari Bupati Sutan Riska dalam berinvestasi di bidang sumberdaya manusia, sehingga 10 tahun ke depan, generasi muda Dharmasraya lebih cerdas dan lebih kuat ketahanan tubuhnya,” beber Budi Waluyo yang juga mantan Kabag Humas dan Protokol ini.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Pemkab Dharmasraya menggandeng Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) menyelenggarakan festival makan sate ikan nila. Kegiatan ini, selain merupakan kampanye makan ikan, juga dalam rangka memeriahkan peringatan hari jadi kabupaten Dharmasraya ke 15. Jumlah sate ikan nila yang disediakan adalah 15 ribu tusuk dan akan menghabiskan 1 ton ikan nila. Sate ikan akan disediakan dari nagari. Tiap nagari akan menyediakan sate ikan nila sebanyak 350 tusuk.

Penyediaan sate ikan nila oleh masing masing nagari akan diperlombakan dan diberi hadiah menarik bagi pemenang pertama, kedua dan ketiga. Sementara untuk materi pembuatan sate, Bupati Sutan Riska akan membantu uang secukupnya. “Kalau ndak cukup, biar ditambah Pak Walinagari,” kata Budi Waluyo. (Yanti/Hms)

LEAVE A REPLY