Minangkabau Summit Perluas Akses Pasar Bagi UMKM

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama anggota DPD RI Leonardy Harmaini, Sekda Sumbar Ali Asmar, Walikota Padang Mahyeldi dan lainnya

PADANG, TOP SUMBAR — Pameran dan Temu Bisnis Pembangunan Sumatera Barat yang dikemas dalam “Minangkabau Summit” memberikan peluang bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah Sumatera Barat untuk memperluas pasar.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno usai membuka acara tersebut di Gelanggang Olah Raga (GOR) H Agus Salim, Senin (5/2).

“Pameran ini selain menghadirkan pameran produk UMKM juga memberikan akses bertemu bagi pelaku usaha guna memperluas pasar. Ini harus dimanfaatkan secara maksimal,” kata Irwan Prayitno selaku Gubernur Sumatera Barat.

Menurutnya UMKM merupakan sendi utama perekonomian Sumatera Barat yang patut mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, salah satunya dengan membantu memberikan akses pasar yang lebih luas.

“Pasar yang luas dan terjamin akan memberikan kemungkinan lebih besar bagi UMKM untuk berkembang,” ucapnya.

Minangkabau Summit dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 itu juga merupakan kesempatan menarik masyarakat untuk melihat potensi yang ada di Sumatera Barat.

“Pelaku usaha dapat mempromosikan usahanya, nantinya dapat dilihat langsung masyarakat. Sehingga, nanti kita harapkan ada transaksi jual beli. Bahkan, bisa dapat membuka peluang kerjasama dari investor yang berada dari luar daerah,” paparnya.

Selain sebagai ajang pameran, dilanjutkan Irwan Prayitno, sejumlah kegiatan lain juga digelar dalam Minangkabau Summit tersebut diantaranya lomba lari, lomba pantun, puisi, karya jurnalistik bertema lingkungan, festival rendang serta pementasan seni yang mencitrakan Minangkabau.

Irwan Prayitno berharap, kegiatan itu benar-benar memberikan efek positif bagi UMKM di daerah Sumatera Barat.

Sementara itu, terkait acara HPN 2018, Irwan Prayitno menyebutkan Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir pada 7 Februari, dan berada di Ranah Minang hingga puncak HPN 9 Februari.

Presiden dijadwalkan menghadiri beberapa kegiatan yang dipusatkan di Sumatera Barat, diantaranya pembagian sertifikat, kunjungi irigasi pertanian, ground breaking tol, peresmian bypass, seminar di UNP dan beberapa kegiatan yang telah di usulkan lainnya.

Ia berharap, kegiatan HPN yang berpusat di Sumatera Barat yang dihadiri Presiden, pejabat negara dan wartawan se-Indonesia akan berdampak kepada pembangunan Sumatera Barat. (Syafri)

LEAVE A REPLY