Masa Jabatan Berakhir pada Bulan Juli, UNP Lakukan Pemilihan Rektor Periode 2020-2024

30980

Dengan mengacu pada peraturan menteri, bahwa lima (5) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan rektor, Panitia Pemilihan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) telah membuka pendaftaran bagi Bakal Calon (Balon) rektor. Baik dari internal UNP ataupun pihak luar yang bersedia menjadi rektor di UNP.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Senat UNP Z. Mawardi Effendi pada acara Jumpa Pers di Lantai empat (4) Gedung Rektor UNP, Minggu (26/1/2020).

“Pemilihan Rektor UNP sudah dibuka 23 Januari 2020 lalu. Semua bisa mendaftar sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan oleh panitia pemilihan rektor, dan tetap mengacu pada peraturan menteri,” kata Z. Mawardi Effendi.

Lebih lanjut Z. Mawardi Effendi mengatakan, pendaftaran Calon Rektor UNP periode 2020-2024, telah dibuka panitia Pemilihan Calon Rektor UNP sejak 23 Januari lalu sampai 10 Februari 2020 mendatang.

“Informasi pendaftaran bagi calon rektor juga dapat dilihat melalui Website resmi UNP (www.unp.ac.id). Pemilihan Rektor UNP dilakukan secara transparan dan terbuka,” ungkapnya.

Dalam Jumpa Pers tersebut, Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor UNP Syahril mengatakan, bahwa tahapan pemilihan rektor terdiri atas 12 tahapan yang diawali dengan sosialisasi pemilihan Calon Rektor UNP sampai pelantikan rektor.

“Selain itu, melalui surat kita juga telah menginformasikan bahwa akan berakhirnya jabatan rektor yang sadang menjabat dan selanjutnya akan dilakukan Pemilihan Rektor periode 2020-2024,” katanya.

Dilanjutkan Syahril, kemudian kita juga telah mengumumkan jadwal kegiatan penjaringan, penyaringan dan pemilihan dimulai pada 23 Januari 2020 kemaren yang disahkan melalui rapat pleno senat.

“Jadi semua atribut dan kegiatan yang akan dilakukan di tahapan pemilihan rektor ini semuanya harus melalui pengesahan dan penetapan oleh senat universitas,” paparnya.

Selaku panitia, disebutkan Syahril, kita hanya membantu senat dalam mengkoordinir pelaksanaan Pemilihan Rektor UNP. Pendaftaran tersebut akan berakhir pada 10 Februari 2020, dan panitia menerima pendaftaran paling lambat pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya akan dilakukan tahapan verifikasi persyaratan Balon Rektor UNP yang persyaratan tersebut ada 13 item diantaranya persyaratan kesehatan Balon dan menyiapkan visi dan misinya.

“Panitia telah menyiapkan berkas-berkasnya, jadi calon sekarang diberikan dokumen, tinggal mengisi dan tidak perlu menyiapkan,” jelasnya.

Rektor UNP sekarang dijabat oleh Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D dan berakhir pada 19 Juli 2020 mendatang. Dan untuk periode 2020-2024, UNP membuka pendaftaran Calon Rektor baru yang dibuka dari 23 Januari sampai 10 Februari 2020. (Syafri)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini