LPPD Dharmasraya Terbaik Tingkat Sumbar

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR — Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 2017 menunjukkan peningkatan signifikan. Ini ditunjukkan dari nilai Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Dharmasraya yang berhasil meraih nilai terbaik untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat di tahun 2018 ini, dari posisi sebelumnya yang menempati peringkat ke empat.

Capaian hasil evaluasi kinerja LPPD Kabupaten Dharmasraya ini disampaikan langsung oleh tim evaluator EKPPD (Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Qadriansyah, pada kesempatan Rapat Koordinasi dalam rangka Sinkronisasi dan Penyamaan Persepsi Terkait Hasil Evaluasi LPPD tahun 2017 untuk tindak lanjut tahun 2018, di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (09/10/2018).

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang terus menunjukkan peningkatan dalam penyajian LPPD dari tahun ke tahun. Bahkan sudah menempati posisi terbaik di tahun ini, untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ujar Qodriansyah.

Dikatakan Qodri, dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim, hanya empat daerah di Sumatera Barat yang nilai LPPD nya mengalami peningkatan di tahun ini. Pertama Dharmasraya, kedua Mentawai, ketiga Padang Panjang dan ke empat Solok Selatan.

“Kabupaten Dharmasraya mencapai skor 3,1551. Skor ini berada pada kategori sangat tinggi, sehingga Dharmasraya berada pada posisi terbaik di tahun ini,” tukas Qodri.

Namun begitu, sambung Qodri, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting oleh tim evaluator yang perlu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, untuk menghadapi penilaian tahun berikutnya. Karena menurut Qodri, diperkirakan penilaian LPPD di tahun 2019 akan berlangsung lebih ketat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, saat memimpin rakor tersebut menyampaikan terimakasih kepada tim evaluator EKPPD Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat yang sudah melakukan pendampingan dan memberikan pembinaan terhadap Kabupaten Dharmasraya, dalam penyusunan LPPD.

“Kita tentu patut berbangga, tahun ini kita berhasil menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, dalam penilaian LPPD. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari seluruh pihak terkait, terutama sekali tim penyusun LPPD yang ada di masing-masing Perangkat Daerah,” ujar Sekda.

Namun begitu, sebut Sekda, capaian ini hendaknya tidak membuat Dharmasraya lena. Karena mempertahankan apa yang sudah dicapai biasanya akan lebih berat. Maka dari itu Sekda menekankan kepada seluruh Perangkat Daerah, untuk segera menindaklanjuti apa-apa yang menjadi catatan tim evaluator, yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan kedepannya.

Sementara itu juga, menurut Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Asril, nilai LPPD Kabupaten Dharmasraya dari tahun ke tahun memang terus menunjukkan peningkatan.

“Alhamdulillah, untuk Sumatera Barat kita berhasil meraih posisi terbaik tahun ini. Semoga di tingkat nasional peringkat kita juga naik, sekarang kita sedang menunggu hasil penilaian tim nasional. Tahun lalu, untuk nasional kita berada di peringkat 120. Untuk tahun ini, semoga lebih baik,” harap Asril. (Yanti/Hms)

LEAVE A REPLY