Lomba Menulis Karya Jurnalistik di Festival Pamalayu

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR — Pagelaran festival budaya Pamalayu yang digadang-gadang oleh Dharmasraya semakin dekat. Festival terlama dan terpanjang dalam sejarah di Minangkabau ini juga akan diisi dengan berbagai acara dan kegiatan budaya seperi Arung Pamalayu (mengarungi Sungai Batanghari dengan perahu hias) di hari Maritim Nasional 23 September mendatang.

Tidak kalah pentingnya, dalam festival Pamalayu tersebut Pemkab Dharmasraya juga menggelar lomba menulis karya jurnalistik bagi wartawan di seluruh Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Pemkab Dharmasraya sudah menyiapkan hadiah Rp 50 juta bagi wartawan yang memenangkan lomba ini. Berikut kami lansir dari festivalpamalayu.com

Untuk Wartawan Disediakan Rp50 Juta

Ingin menguji kemampuan menulis ??? Ayo kita ikuti lomba menulis karya jurnalistik di Kabupaten Dharmasraya. Lomba ini khusus diperuntukan bagi wartawan Indonesia yang bekerja pada perusahaan media cetak dan online. Seperti yang disiarkan dalam laman resmi panitia Festival Pamalayu, syarat dan ketentuan lomba dapat dilihat sebagai berikut :

Syarat dan ketentuan Lomba Menulis Karya Jurnalistik

1. Peserta lomba adalah jurnalis Indonesia yang bekerja di media cetak dan online di seluruh Indonesia.

2. Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap yang dapat diakses di link: https://forms.gle/ZYKuhX3hsbPXuaeF8 atau dapat dilihat di website: festivalpamalayu.com ( LINK INI )

3. Tema tulisan: “Melestarikan Peninggalan Peradaban Masa Lalu di Kabupaten Dharmasraya”.

4. Tulisan yang dilombakan adalah hasil karya sendiri, bukan plagiat dan belum pernah pernah memenangi perlombaan apapun.

5. Tulisan membawa pesan pengetahuan sejarah, budaya dan/atau pariwisata.

6. Tulisan dalam format features atau artikel berita mendalam (indepth news) dengan panjang tulisan antara 5.000- 10.000 karakter tanpa spasi.

7. Tulisan wajib terbit di media cetak dan/atau media online yang berbadan hukum dalam periode 22 Agustus 2019-15 Desember 2019.

8. Tulisan memenuhi kaidah jurnalisme dan mematuhi kode etik jurnalistik.

9. Peserta mengirimkan tulisan maksimal 15 Desember 2019 pukul 23.59 WIB ke email lomba.festivalpamalayu@gmail.com. Pada Subjek Email Tulis: Lomba Menulis Karya Jurnalistik dan (Nama Peserta).

10. Masing-masing peserta maksimal dapat mengirimkan 3 tulisan.

11. Juri profesional dan berkompeten, keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

12. Juri akan memilih 8 peserta terbaik dengan hadiah total Rp50 juta. (Juara I Rp15 juta, Juara II Rp12 juta, Juara III Rp8 juta dan lima juara harapan masing-masing Rp3 juta). Pajak ditanggung pemenang.

13. Pemenang akan diumumkan di laman festivalpamalayu.com

14. Dengan mengikuti lomba ini, peserta mengizinkan panitia memposting ulang karya peserta di media lainnya (dengan tetap mencantumkan nama pemilik karya) untuk kepentingan promosi dan dianggap tunduk dan tidak akan menuntut di kemudian hari pada peraturan yang dibuat panitia.

15. Lomba tertutup untuk panitia penyelenggara.

Ketentuan Pengiriman Naskah

1. Naskah yang dimuat di media cetak, unggah dalam bentuk softcopy dengan format .pdf, .jpg, atau .png dan sertakan juga bentuk text.
2. Naskah yang dimuat di media online, unggah dalam bentuk softcopy dengan format .pdf, jpg, atau .png beserta alamat URL situs berita tersebut dan sertakan juga bentuk text.

(Hms/Yanti)

LEAVE A REPLY