Lisda Hendrajoni Ajak Masyarakat Promosikan Wisata Kuliner dan Produk Pangan Pessel

Lisda Hendrajoni Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan
Lisda Hendrajoni Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan

PESISIR SELATAN, TOP SUMBAR — Ketua TP. PKK Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni mengajak seluruh masyarakat, pelaku usaha dan UMKM di Pesisir Selatan ikut mempromosikan keberadaan wisata kuliner dengan produk pangan lokal yang ada di wilayahnya. Banyak kuliner khas Pesisir Selatan seperti pinungkuik, palai, rendang lokan dan lainnya.

“Selain pariwisata, kuliner Pessel mempunyai daya tarik tersendiri, karena ada wisata kuliner yang khas di setiap daerahnya untuk itu perlu lah didukung bersama promosi sehingga dikenal luas,” ujarnya.

Menurutnya, setiap libur panjang dan libur lebaran pasti ribuan wisatawan berkunjung ke Pesisir Selatan dan mereka pasti akan menghabiskan uangnya untuk belanja, oleh sebab itu perlu inovasi dari pelaku usaha dalam meningkatkan daya jual mereka dengan rasa dan harga yang sesuai. 

“Sedangkan upaya pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan dalam mengenalkan pariwisata termasuk promosi kuliner  terus dilakukan, baik melalui promosi media masa, event-event pariwisata maupun event perlombaan. Karena itu masyarakat dan pelaku usaha kecil juga penting ikut mempromosikan pariwisata, tambahnya.

Selain itu menurut Lisda, potensi wisata kuliner di Pesisir Selatan sendiri terkenal dengan batik tanah lieknya, seperti Batik Lumpo. Dimana apabila ada yang datang ke Kampung Batik tersebut terlebih dahulu akan disuguhi dengan pemandangan perumahan warga yang di cat dengan motif batik.

“Jika bukan kita sebagai masyarakat Kabupaten Pessel, siapa lagi yang akan bangga dengan budaya kita sendiri,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ini batik dari Pesisir Selatan akan louncing untuk dipromosikan di New York Amerika Serikat. (RD)

LEAVE A REPLY