Lima Kaum juara Umum MTQ Nasional ke 40 Tanah Datar

TANAH DATAR, TOP SUMBAR — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo usai, yang jadi pemuncak pun sudah diumumkan, saat penutupan perhelatan akbar keagamaan tingkat kabupaten tersebut. Kafilah 14 kecamatan telah melalui tahapan-demi tahapan, dan sang juara pun sudah bisa berbesar hati karena berkat kemampuan masing-masing telah dapat membawa harum nama kecamatannya, ditambah lagi puncak final pada malam sebelum penutupan di mimbar utama yang disaksikan ribuan masyarakat.

Sesuai hasil keputusan Koordinator Dewan Hakim MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar Tahun 2018 bernomor 04/KPTS/DH/MTQ/XL/2018, tanggal 06 Juli 2018, tentang penetapan juara umum dan rangking, maka keluar sebagai juara umum Kecamatan Lima Kaum yang juga menyandang gelar juara bertahan yang diraih dua tahun sebelumnya di Kecamatan Sungayang.

Kecamatan Lima Kaum ini dari 27 kafilah yang masuk final, meraih 10 emas, 10 perak dan 7 perunggu dengan 87 poin, tampil di peringkat kedua Kecamatan Rambatan dari 18 finalis, raih 7 emas, 7 perak dan 4 perunggu dengan jumlah poin 60, ini naik peringkat dari MTQ sebelumnya pada posisi ke-4. Sementara untuk posisi ketiga diraih tuan rumah Kecamatan Lintau Buo yang berhasil meloloskan 15 kafilah ke babak final dengan 45 poin dengan 6 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Kecamatan Lintau Buo ini juga naik dari peringkat 10 pada MTQ sebelumnya.

Untuk peringkat selanjutnya secara berurut diraih Kecamatan Lintau Buo Utara dengan 5 emas, 4 perak, 5 perunggu (42 poin), Tanjung Baru 4 emas, 5 perak (35 poin), X Koto 4 emas, 3 perak, 4 perunggu (33 poin), Batipuh 3 emas, 3 perak, 4 perunggu (28 poin), Batipuh Selatan 3 emas, 2 perak, 3 perunggu (24 poin), Pariangan 2 emas, 3 perak, 3 perunggu (22 poin), Sungayang 4 emas (20 poin), Salimpaung 1 emas, 3 perak, 5 perunggu (19 poin), Tanjung Emas 2 emas, 2 perak, 2 perunggu (18 poin), Padang Ganting 4 perak, 3 perunggu (15 poin) dan Sungai Tarab 2 perak, 4 perunggu (10 poin).

Pada saat penutupan yang dilaksanakan Sekretaris Daerah Hardiman mewakili Bupati Tanah Datar katakan, selama pelaksanaan MTQ yang berlangsung lima hari ini berjalan lancar dan sukses, ini berkat kerjasama panitia penyelenggara, panitia kerja, dewan hakim, ofisial dan seluruh kafilah yang mengikuti pelaksanaan MTQ ini.

“Ramainya masyarakat yang menyaksikan di setiap cabang perlombaan, hal ini menunjukkan tingginya kecintaan masyarakat terhadap kitab suci Alqur’an, dan kita berharap kepada masyarakat untuk menjadikan Alqur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, ucapnya.

Atas telah selesainya pelaksanaan MTQ Nasional ke-40 tingkat Kabupaten Tanah Datar ini, Ia sampaikan ucapan terima kasih pada semua pihak yang telah terlibat dalam mendukung kegiatan dua tahunan tersebut. Kepada para pemuncak yang telah berhasil meraih yang terbaik, bupati melalui sekda ini sampaikan ucapan selamat, namun Ia juga pesankan untuk tidak berpuas diri, namun semakin giatlah berlatih untuk terus mengasah kemampuan, karena masih ada lagi level-level yang akan diikuti nanti.

Kepada yang belum berhasil Ia juga pesankan untuk tidak putus asa atau patah semangat, namun jadikanlah sebagai motivasi diri untuk lebih baik lagi kedepannya. Sebagai informasi Hardiman juga sebutkan bahwa untuk MTQ yang ke-41 dua tahun ke depan yang akan menjadi tuan rumah yaitu Kecamatan Tanjung Emas. Sebelumnya H. May selaku Ketua Panitia Penyelenggara ungkapkan rasa syukur dan ucapkan terima kasih pada pemerintah daerah, pemerintah kecamatan atas pelaksanaan kegiatan tersebut di Kecamatan Lintau Buo.

Kepada seluruh panitia yang telah bekerja maksimal menyukseskan MTQ itu Ia pun sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih, “semoga dengan kegiatan yang bertajuk mensyi’arkan agama itu dapat semakin meningkatkan minat membaca alqur’an bagi masyarakat terkhusus di Kecamatan Lintau Buo dan di Kabupaten Tanah Datar umumnya, semoga apa yang menjadi tujuan pemerintah daerah dapat terwujud, sebutnya.

Zulkifli Idris Camat Lintau Buo yang pada saat itu, kecamatannya naik peringkat dari MTQ dua tahun sebelumnya peringkat 10 dan saat ini raih posisi ke-3 Ia sampaikan ungkapan rasa syukurnya dan terima kasih pada seluruh kafilah dan ofisial serta semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ tersebut.

“Kita merasa bangga dan bersyukur, dari awal yang kita targetkan pada urutan kelima, namun alhamdulillah bisa mencapai rangking tiga”, ucapnya.”, pesannya.

Acara penutupan yang dirangkai dengan pemberian tropi bergilir oleh Sekda Tanah Datar, pemberian piala bagi pemenang serta piagam dan bonus pemuncak ini turut dihadiri Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma, Asisten Ekobang Helfi Rahmy Harun, Kepala OPD, Forkopimda, Kemenag, Kabag. Kesra Tanah Datar dan Kab. Sijunjung, Camat se-Kab. Tanah Datar, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat dan Perantau serta tamu undangan lainnya. (Hms/Ifn).

LEAVE A REPLY