Koramil dan Camat Sungai Beremas Tanam Sejuta Pohon

PASAMAN BARAT, TOP SUMBAR — Dalam rangka mitigasi bencana tsunami di kawasan pantai Air Bangis, Koramil 07/AB dengan Kecamatan Sungai Beremas melaksanakan kegiatan penanaman sejuta pohon pada Selasa (09/04/2019).

Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dampak bencana tsunami di kawasan pantai Pasaman Barat (Pasbar) khususnya di Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas.

“Benar hari ini kita lakukan penanaman pohon sebagai gerakan penanaman sejuta pohon di kawasan pantai Pasaman Barat. Ini dilakukan dalam rangka mitigasi bencana tsunami yang kita tidak tahu kapan, namun langkah kongkrit harus dilakukan sedini mungkin seperti penanaman pohon,” kata Danramil Air Bangis.

Dikatakan, kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan lanjutan penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan oleh Danramil 07/Air Bangis beserta anggota bersama-sama dengan jajaran Kecamatan Sungai Beremas serta masyarakat Air Bangis. 

“Kita juga libatkan masyarakat supaya penaman pohon dapat dilakukan secara maksimal. Program ini juga kita upayakan dapat tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat dengan tujuan edukasi sehingga masyarakat paham dan sadar akan bahaya bencana tsunami,” sebutnya.

Sejumlah pohon yang ditanam berjenis tanaman pohon cemara udang dan pulai yang dinilai paling cocok dengan kondisi tanah di pesisir pantai.

“Kita tanam sejumlah pohon cemara udang dan pulai serta tanaman akar wangi yang menurut penelitian adalah tumbuhan yang kuat dalam menahan gelombang kuat seperti tsunami, semoga dapat tumbuh dengan baik. Masyarakat juga saya himbau untuk menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam. Semoga kita terhindar dari berbagai bencana,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Sungai Beremas, Yulhamnas mengatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi rutinitas kegiatan untuk mempererat kekompakan serta kebersamaan antara unsur TNI dan pihak pemerintah daerah khususnya di wilayah Kecamatan Sungai Beremas.

“Terima kasih atas dedikasi dan kerjasama seluruh personil TNI Koramil 07/Air Bangis dalam melestarikan lingkungan pesisir pantai Air Bangis, semoga ke depan sinergitas ini akan selalu terjaga dalam prinsip melayani masyarakat Air Bangis ini,” tutup Yulhamnas. (Maizen)

LEAVE A REPLY