HMI Minta DPRD Sumbar Desak Pemerintah untuk Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu

Suasa Aksi Damai HMI cabang Padang di DPRD Provinsi Sumbar

PADANG, TOP SUMBAR — Ratusan gerakan massa atas nama Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) cabang Padang melakukan “Aksi Damai” di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (24/5).

Aksi Damai tersebut salah satunya menuntut DPRD Sumbar untuk mendesak pemerintah pusat mencairkan santunan bagi 500 orang lebih KPPS yang meninggal dunia dalam pesta demokrasi 17 April 2019 lalu.

“Aksi ini tidak ada sangkut pautnya dengan 01 dan 02. Kita adalah 03 yaitu Persatuan Indonesia. HMI mendatangi DPRD, agar menyampaikan dan meminta pemerintah untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pemilu. Persoalan meninggalnya KPPS ini tentu tidak bisa kita abaikan,” kata Rahmadian selaku Pj Ketua Umum HMI cabang Padang.

Menurut Rahmadian, ada sistim yang tidak berjalan sesuai semestinya, mulai dari rekrutmen petugas KPPS tentu ada mekanisme yang harus menjadi dasar untuk hal seperti ini tidak terulang kembali di tahun-tahun berikutnya.

“Untuk DPRD, kita dari HMI Sumbar khususnya dari cabang Padang sangat mengharapkan bisa berdialog langsung dan menyampaikan aspirasi, baik ke DPRD Sumbar sendiri maupun pihak terkait yang berada di pusat,” harapnya.

Hari ini kawan-kawan merasakan aspirasinya tidak tersampaikan, lanjutnya, karna tidak dihadiri oleh keterwakilan dewan yang sebelumnya dirasakan saat-saat menjelang pesta demokrasi atau tokoh Pemilu, dimana para tokoh ini membutuhkan masyarakat.

“Tetapi, pasca Pemilu hasil sudah keluar masyarakat hari ini seakan-akan sudah terabaikan,” ucapnya.

Masalah tuntutan, diterangkan Rahmadian, kita sudah berkoordinasi dengan Humas Sekretariat DPRD Sumbar dan akan ditindaklanjuti, serta dikomunikasikan kembali melalui audiensi bersama DPRD dan HMI 31 Mei 2019 esok, apakah tuntutan telah disampaikan ke pusat.

Sementara itu Kasubag Humas Sekretariat DPRD Sumbar Laswardi menyebutkan bahwa seluruh pimpinan dan anggota DPRD tidak berada di lokasi ataupun di wilayah Sumbar.

“Seluruh pimpinan dan anggota DPRD Sumbar sedang melakukan Kapasitas Kerja ke luar daerah sesuai yang telah diagendakan melalui Badan Musyawarah (Bamus),” ungkap Laswardi.

Untuk itu, dilanjutkan Laswardi, kita berharap agar para mahasiswa dapat memakluminya, dan tentang aspirasi dari HMI cabang Padang akan kita sampaikan pada pimpinan dan anggota DPRD Sumbar untuk ditindaklanjuti sesuai dengan yang harapannya. (Syafri)

LEAVE A REPLY