Enam Cara Mempercepat Koneksi Internet Anda

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa koneksi internet di rumah Anda menjadi penentu lancarnya media hiburan hingga pekerjaan yang Anda bawa ke rumah. Oleh karena itu, memiliki koneksi yang cepat di rumah Anda tentu akan membuat aktivitas Anda lebih lancar, dan tentunya lebih menyenangkan. Namun, apabila Anda merasa koneksi internet di rumah Anda mulai menunjukkan kelambatan yang signifikan, mungkin Anda harus segera mencari cara untuk mempercepat koneksi internet Anda kembali.

Tapi tenang saja, artikel ini telah merangkum enam cara bagaimana Anda mempercepat internet di rumah. Setelah bayar Speedy Anda, bacalah artikel ini lalu ikuti setiap langkahnya, niscaya internet Anda akan menunjukkan kecepatannya.

Pilih Tempat yang Baik untuk Router Anda

Tidak semua tempat sama-sama cocok untuk router Anda. Untuk mulai dengan, Anda ingin menghindari menempatkan router Anda dekat dengan benda-benda logam dan peralatan yang memancarkan gelombang elektromagnetik. Idealnya, Anda juga ingin menjaga jarak yang aman dari kabel listrik. Untuk menutupi area dengan sinyal WiFi yang rata, Anda harus menempatkan router WiFi Anda secara kasar di tengah. Anda dapat sedikit meningkatkan sinyal nirkabel Anda dengan meninggikan router di atas lantai.

Biarkan Router Anda Diperbarui

Jika Anda mengikuti berita, Anda telah mendengar tentang meningkatnya jumlah serangan malware berskala besar yang menelan biaya bisnis dan perorangan sama-sama miliaran setiap tahun. Banyak dari serangan ini tidak akan mungkin terjadi jika semua router terus diperbarui. Setelah malware menginfeksi router, ia dapat mencuri bandwidth dan menyebar sendiri di seluruh jaringan ke perangkat lain. Tetapi bahkan tanpa kehadiran malware berbahaya, router dengan firmware lama berkinerja lebih buruk daripada router yang diperbarui dengan benar.

Dapatkan Antena Yang Lebih Kuat

Sebagian besar router WiFi dilengkapi dengan antena kecil dan lemah. Bukannya produsen ingin menghemat setiap sen yang mereka bisa, tetapi antena WiFi yang kuat cenderung sangat besar. Dibandingkan dengan antena yang datang dengan router Anda, yang mungkin hanya beberapa inci tinggi dan memiliki gain sekitar 4 dB, antena 10-dB dapat berada di mana saja antara 10 hingga 15 inci. Tetapi jika Anda tidak keberatan dengan ukurannya, antena WiFi yang kuat dan baru adalah cara yang bagus untuk meningkatkan WiFi di rumah atau kantor tanpa membeli router baru. Semua antena WiFi menggunakan konektor RP-SMA yang sama, jadi Anda bisa langsung menuju ke Amazon dan memesan antena WiFi rumah dengan peringkat bagus.

Beli Repeater / Booster / Extender WiFi

Penguat WiFi, repeater, dan ekstender pada dasarnya adalah hal yang sama. Sederhananya, mereka mengambil sinyal WiFi, memperkuatnya, dan mengirimkannya lagi. Repeater yang bagus harganya sekitar $ 100, dan itu bisa dipasang dalam beberapa menit oleh siapa saja. Proses instalasi biasanya hanya dengan menekan tombol WPS. Beberapa dimaksudkan untuk bekerja dengan aplikasi penguat WiFi khusus yang membuatnya lebih mudah untuk menyempurnakan pengaturan WiFi tertentu untuk mencapai kinerja terbaik.

Beralih ke Saluran WiFi yang Berbeda

Sama seperti jalur di jalan raya, ada beberapa saluran WiFi di mana router WiFi dapat disiarkan. Meskipun sebagian besar negara memiliki enam saluran yang tidak tumpang tindih (1, 6, 11, dan 14), banyak pengguna meninggalkan router mereka pada saluran default, yang biasanya berupa Saluran 1 atau Saluran 6. Hal ini mengakibatkan kemacetan lalu lintas WiFi sebagai terlalu banyak paket yang mencoba mengemudi di jalur yang sama. Solusinya sederhana: cari tahu saluran mana yang paling sedikit ditempati dan beralihlah ke sana. Ini dapat dilakukan dengan bantuan NetSpot, alat analisis dan pengawasan WiFi yang profesional dan mudah digunakan.

Beralih ke 5 GHz

Frekuensi nirkabel 5 GHz menyediakan kecepatan data yang lebih cepat pada jarak yang lebih pendek dan biasanya jauh lebih sibuk daripada frekuensi nirkabel 2,4 GHz. Jika router Anda mendukungnya, pertimbangkan untuk beralih ke itu untuk meningkatkan kecepatan jarak pendek instan.

LEAVE A REPLY