Empat Pimpinan DPRD Sumbar Diresmikan, Ketua Dijabat Supardi dari Gerindra

Suasana pengucapan Sumpah/janji Pimpinan DPRD Sumbar

PADANG, TOP SUMBAR — Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka Peresmian dan Pengucapan Sumpah/janji Pimpinan DPRD Sumbar masa jabatan 2019-2024 digelar, Jumat (4/10). Pimpinan definitif DPRD Sumbar yakni terdiri atas ketua dan tiga wakil ketua.

Ketua DPRD Sumbar dijabat oleh Supardi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), posisi Wakil Ketua DPRD Sumbar ditempati Irsyad Syafar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Indra Datuak Rajo Lelo dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Suwirpen Suib dari Partai Demokrat.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sumbar Supardi mengapresiasi pimpinan DPRD sementara yang telah mengemban amanah, sebelum dibentuknya pimpinan definitif. Kemudian, ia menyampaikan ke depan ia berencana akan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh anggota DPRD sebelumnya.

“Kebijakan-kebijakan yang telah dibuat anggota dewan periode lalu, itu akan menjadi fokus utama kami untuk di ‘follow up’ kembali,” kata Supardi pada TopSumbar.co.id di Gedung DPRD Sumbar, Jumat (4/10).

Selanjutnya, ke depan pihaknya ingin menjalin sinergitas antara Pemerintah Provinsi (Pemrov), DPRD, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) untuk kemajuan Sumbar ke depan.

“Sinergitas ini akan lebih kami tingkatkan. Kami akan mencoba berinovasi terhadap Ranperda yang memungkinankan untuk dibahas atas nama usulan DPRD termasuk Ranperda LGBT,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Sumbar sebelumnya yang telah bekerja sama dengan Pemrov selama lima tahun sebelumnya.

“Ke depan, kita ingin DPRD segera membahas penetapan APBD 2020 dan Ranperda lainnya. Sebab Pemrov dan DPRD diberi batasan waktu untuk menyelesaikannya secara bersama-sama,” kata Nasrul Abit.

Lebih lanjut ia mengatakan, DPRD memiliki peran kunci dalam mengembangkan kehidupan yang demokratis, dan menjamin keterwakilan rakyat.

Nasrul Abit juga menyampaikan agar anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 mampu mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan memperjuangkan aspirasi rakyat. (Syafri)

LEAVE A REPLY