Dharmasraya Miliki Kakilima Street Food, Arena Balap Jadi Pusat Jajanan

78

Desing bising kendaraan yang biasa menderu di jalur dua Sungai Rumbai pada malam minggu kini sirna sudah, menyusul deretan lapak yang sejak sore berjejer menjajakan aneka makanan tradisional.

Orang orang yang biasa nonton balapan liar, kini berubah menjadi penikmat kuliner tradisional. Ternyata penikmat kuliner tradisional ini jumlahnya lebih banyak dari pada penonton balap liar.

Itulah sebabnya, Pemkab Dharmasraya mempelopori untuk menjadikan kawasan kawasan tertentu yang biasa disalahgunakan, untuk dijadikan pusat bisnis baru. Salah satunya yang dilakukan di jalur dua Sungai Rumbai. Kawasan itu telah disulap menjadi tempat jajanan yang banyak dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner dari berbagai tempat.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat membuka pusat jajanan yang dinamai “Kakilima Street Food” mengatakan, Pemkab sengaja membuka pusat pusat jajanan baru agar dapat mendorong masyarakat untuk terus mengembangkan pangan yang sehat dan aman, sekaligus untuk mengekpresikan diri dalam memgembangkam hobi memasak dan membuat jajanan sehat.

Dengan begitu, Bupati yakin perekonomian masyarakat bisa sedikit lebih kencang berputar. Dan yang paling penting adalah bagaimana mendekatkan mereka yang punya penghasilan lebih dengan mereka yang penghasilannya pas pasan. Mereka akan bertemu dalam ajang bisnis di pusat jajanan yang dimotori oleh pemerintah daerah.

Di Kecamatan Sungai Rumbai merupakan sentra jajanan kuliner kedua yang dimotori Pemkab Dharmasraya bersama Dinas Kumperdag, camat, walinagari bersama para pemuda. Ribuan masyarakat tumpah ke arena bekas tempat balapan liar ini. Selain bupati juga terlihat Ketua DPRD, Pariyanto, bersama Wakilnya H. Beni Ridwan, Sekda H. Adlisman, para kepala OPB bersama keluarga, camat, walinagari, dan masyarakat Sungai Rumbai.

Pusat jajanan ini akan beroperasi setiap malam minggu. Dipastikan tidak akan mengganggu jual beli mereka yang berjualan di pasar, ataupun di pusat pusat jajanan yang sudah ada. Tokoh masyarakat dan mantan anggota DPRD Zilgani, SH, menyebut, ini hal baik yang dikakukan oleh Pemkab Dharmasraya “Kreatif dan bermanfaat buat rakyat,” katanya. (Yanti)

--------------------------------------------------------------------------------
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini