Dharmasraya Bakal Gelar Festival Budaya Terbesar di Sumbar, Angkat Tema Pamalayu

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR–Kerja besar tengah dilakukan oleh kaum muda Dharmasraya. Kaum muda di bawah kepemimpinan Bupati Sutan Riska telah meneguhkan diri untuk menggelar Festival Budaya yang mereka sebut Festival Pamalayu. Pamalayu adalah sebuah nama yang diambil dari sebuah peristiwa masa lalu yang terjadi di Negeri ini. Festival ini akan mengangkat masa lalu Dharmasraya untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Festival Pamalayu diklaim oleh Bupati Dharmasraya itu sebagai sebuah Festival besar. Bahkan akan menjadi Festival Budaya terbesar di Ranah Minang. Festival ini akan mengingatkan masa kebesaran Nusantara dimasa lalu dan akan membangkitkan nostalgia bangsa- bangsa di dunia terhadap sebuah Negeri bernama Dharmasraya.

“Ini menjadi peluang besar bagi Dharmasraya untuk dikenal dunia. Jika sudah demikian, maka rakyat diharapkan mengambil peluang demi untuk kebaikan kehidupannya untuk masa mendatang. ” kata Bupati yang sudah dua kali meraih rekor MURI ini.
Dia mencontohkan, Festival Pamalayu bukan saja akan menjadi Objek Wisata bagi bangsa-bangsa di dunia, tetapi juga akan menjadi bahan kajian para Akademisi Dunia. Itulah sebabnya, Dharmasraya akan menjadi Destinasi besar untuk Turis dan Ilmuwan Dunia.

“Kalau orang sudah datang dan belajar tentang kita, maka kita akan diuntungkan banyak hal,” kata Bupati pemegang tanda jasa Pembangunan dari Negara ini. Dharmasraya akan terbuka bagi Investasi Pariwisata, Investasi Budaya dan Investasi lainnya. Ini akan menjadikan Dharmasraya Pusat Kebudayaan Dunia yang sangat menarik untuk dikunjungi.

“Kita punya bukti otentik tentang peninggakan masa lalu berupa Candi, Artefak, Arca dan berbagai benda Budaya. Kita punya sejarah keterkaitan dengan bangsa-bangsa di dunia. Nah tinggal bagaimana melalui Festival ini, kebesaran masa lalu itu kita Eksplor menjadi Objek Wisata dan Objek Penelitian bagi bangsa-bangsa di dunia.

Oleh karena itu, saat membuka sosialisasi Festival Pamalayu di aula Kantor Bupati Senin (12/08/2019) itu, Bupati Sutan Riska menyerukan, agar OPD di lingkungan Pemkab Dharmasraya seluruhnya dapat mengambil peran dalam Festival ini sesuai tugas dan fungsi masing-masing.
“Saya minta semuanya bekerja keras mensukseskan Festival Pamalayu,” katanya. (Yanti/Hms)

LEAVE A REPLY