Desri Ayunda : Bank Sampah Tingkatkan Penghasilan Warga Dan Relawan Kebersihan

Calon Wawako Padang Nomor Urut 1 Desri Ayunda bersama anggota Bank Sampah Kelurahan Pasa Gadang

PADANG, TOP SUMBAR — Calon Wakil Walikota (Wawako) Padang Nomor Urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018, Desri Ayunda menghadiri sosialisasi Bank Sampah di Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Kamis (12/4).

Koordinator Bank Sampah di daerah itu, Yovita Sari mengatakan, pihaknya mendirikan Bank Sampah tersebut untuk membantu kebersihan lingkungan. Selain itu, untuk membantu menambah pendapatan relawan kebersihan. Warga pun mendapatkan hasilnya dengan menabung sampah selama sekali 6 bulan.

“Saat ini ada 10 orang anggota yang tergabung di Bank Sampah Mandiri ini. Harapan kami, jika Pak Emzalmi dan Pak Desri Ayunda terpilih dan menjadi pemimpin daerah ini, mohon menjadikan ini sebuah kebijakan, sehingga banyak Bank Sampah yang bisa didirikan di setiap kelurahan,” harap Yovita Sari.

Desri Ayunda mengapresiasi relawan kebersihan yang telah mendirikan Bank Sampah tersebut. Ia mengatakan, persoalan sampah adalah persoalan krusial saat ini. Setiap hari masyarakat selalu membuang sampah sembarangan, yang tidak bisa dipungkiri dan menimbulkan permasalahan lingkungan. Lingkungan menjadi kumuh, dan mengakibatkan banjir karna saluran jadi tersumbat.

“Tempat pembuangan sampah sementara dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampai saat ini belum menjadi solusi efektif, karena setiap hari volume sampah selalu bertambah. Untuk itu, kita berharap pengelolaan sampah ini harus didukung semua elemen masyarakat,” ucap Desri Ayunda.

Desri Ayunda mengatakan, kepedulian ibu-ibu rumah tangga membuang sampah di tempat yang telah disediakan, menjadi parameter keberhasilan Bank Sampah ini. Keberadaan Bank Sampah ini wajib didukung oleh pemerintah daerah.

“Selain untuk meningkatkan pendapatan relawan kebersihan, juga menjadi penghasilan tersendiri bagi ibu-ibu rumah tangga, dengan sisa sampah rumah tangganya,” katanya.

Desri Ayunda menyebutkan, relawan kebersihan harus mendapatkan honor yang layak, karena mereka juga butuh makan. Keberadaan relawan kebersihan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan kota.

“Merekalah yang menjadikan kota ini bersih. Dan yang mau menjadi relawan kebersihan ini, pasti orang-orang yang memiliki jiwa dan hati bersih,” tandasnya. (Syafri)

LEAVE A REPLY