Anggota DPRD Sumbar Sabar AS Tinjau Bencana Banjir dan Longsor di Muaro Sungai Lolo

62

Sebagai wakil rakyat dari Pasaman Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabar AS meninjau langsung kondisi pasca bencana banjir dan longsor yang terjadi di Nagari Muaro Sungai Lolo dan sekitarnya, di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman, Minggu (16/2/2020).

Pada TopSumbar.co.id, Senin (17/2/2020), melalui handphone pribadinya Sabar AS mengatakan saat ini sedang dilakukan evakuasi pencarian satu (1) orang korban, yang hilang akibat bencana banjir disertai longsor ini.

“Ada 4 orang korban yang jadi korban dari bencana banjir dan longsor di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan ini. 2 orang korban jiwa, 1 orang masih dalam pencarian dan 1 orang lagi sudah dikebumikan,” ungkap Sabar AS.

Dilanjutkan Sabar AS, sedangkan 2 orang lagi mengalami luka-luka yang sangat serius. Selain itu akses utama untuk transportasi di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan ini terputus, sehingga harus berjalan kaki menuju sejumlah lokasi bencana tersebut.

“Dengan terputusnya akses utama tersebut, kebutuhan masyarakat dari segi makanan pun ikut terputus. Selain perumahan masyarakat, bencana banjir dan longsor ini juga merusak 2 irigasi untuk kebutuhan ratusan hektar lahan petani di Mapat Tunggul Selatan ini,” terangnya.

Kita berharap pada Pemerintah Provinsi (Pemprov), lanjut anggota dewan dari Fraksi Demokrat itu, agar ada penanganan khusus dan upaya normalisasi Sungai Lolo dari pihak terkait yang telah mengancam pemukiman masyarakat.

“Selain itu, penanganan tanggap darurat dan perhatian khusus juga dimintakan pada Pemprov pada Kabupaten Pasaman ini dalam pemulihan kondisi pasca bencana banjir dan longsor ini,” pintanya.

Sabar AS, anggota dewan yang juga mencalonkan diri sebagai Bupati Pasaman ini juga mengajak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, BPBD Kabupaten Pasaman, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pasaman untuk meninjau dan memberikan logistik untuk korban banjir dan longsor di Mapat Tunggul itu.

Sebelumnya Jumat (7/2/2020) lalu, Sabar AS bersama anggota Komisi IV DPRD Sumbar lainnya telah meninjau kondisi jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Pasaman dengan Limapuluh Kota yang melewati Nagari Muaro Sungai Lolo tersebut.

“Penuh perjuangan dalam menembus lokasi bencana banjir dan longsor Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan ini, semoga konsisi kembali pulih,” tutupnya. (Syafri)

loading...
Loading...

LEAVE A REPLY