Ada 11 Rumah Tidak Layak Huni di Dilam, Begini Kondisinya

Wali Nagari Dilam, Janawir saat melakukan meninjauan ke rumah Darmaini di Batusangka Dilam, Kamis (13/02/2020).
Wali Nagari Dilam, Janawir saat melakukan meninjauan ke rumah Darmaini di Batusangka Dilam, Kamis (13/02/2020).

Wali Nagari Dilam Janawir dan Kapala Jorong Batu Sangka serta masyarakat setempat melakukan peninjauan langsung pada salah satu rumah warga yang tidak layak huni di Jorong Batu Sangka Nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok, Kamis (13/02/2020).

Darmaini, perempuan paruh baya yang tinggal di rumah tidak layak huni tersebut langsung menyambut baik kedatangan wali nagari dan warga setempat. Rombongan wali nagari pun dipersilahkan masuk dan diizinkan melihat kondisi rumahnya yang berlantaikan tanah dan dinding papan.

Saat wawancara dengan wartawan Topsumbar Darmaini menceritakan susahnya tinggal di rumah tua itu. Tidur di lantai tanah beralas tikar dan dinding papan yang sudah reok. Sungguh pedih, dan harus menelan keadaan ini sejak suami nya meningga dunia.

“Sejak 2009 saya hidup dengan kondisi seperti ini. Hidup serba susah, apalagi semenjak ditinggal almarhum suami,” katanya mengiba.

Saat ini Darmaini sering sakit-sakitan. Penyakit yang sudah menahun bersarang di dalam tubuh membuat fisiknya lemah. Dokter pun menyarankan agar melakukan pengobatan tiap bulan ke rumah sakit. Namun apa daya, jangan kan untuk berobat, untuk makan sehari-hari saja susah, katanya menceritakan.

“Tangan saya juga patah, jatuh dari motor beberapa tahun yang lalu, dan semenjak itu sampai sekarang saya tidak lagi bisa bekerja sepenuhnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja susah. Tambah lagi umur pun sudah 65 tahun lebih, sekarang saya masih mempunyai tanggung jawab, karena anak masih tinggal satu yang belum berkeluarga,” sambungnya.

Melalui media ini Darmaini menyampaikan harapan nya kepada pemerintah daerah, Kepada Pemerintah Nagari setempat Darmaini memohon agar diberi bantuan bedah rumah.

“Apakah bisa diusahakan bantuan bedah rumah yang layak huni kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dan lembaga-lembaga pemerintah lainnya? Saya secara pribadi tidak mampu lagi untuk membangun rumah yang layak untuk dihuni dengan situasi dan kondisi saat ini,” katanya saat berdialog dengan Wali Nagari Dilam.

Wali Jorong Batu Sangka, Romi juga menyatakan kesedihannya melihat kondisi Darmaini saat ini. Sebagai Kepala Jorong, Ia kerap prihatin dan sedih tiap berbincang dan menanyai keadaan wanita paruh baya itu.

“Buk Darmaini ini sering sakit-sakitan, tidur di lantai tanah hanya dengan beralaskan tikar. Beliau ini memang layak untuk dibantu, kami sejak tahun 2016 mengusahakan semaksimal mungkin bagaimana caranya beliau mendapatkan bantuan bedah rumah, dengan cara mengantarkan persyaratan bantuan tersebut pada pemerintahan nagari dan pemerintah daerah, namun sampai saat ini belum juga ada realisasinya,” ungkap Romi.

Romi berharap kepada Wali Nagari Dilam mengusahakan bantuan bedah rumah untuk buk Darmaini ke Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dan dinas terkait serta kepada lembaga pemerintah lainnya.

Wali Nagari Dilam, Janawir S. Pd. I menjelaskan kepada Topsumbar bahwa Buk Darmaini adalah salah satu warga Nagari Dilam yang sangat memprihatinkan keadaan ekonomi dan tempat tinggalnya. Ia menjelaskan masih ada sekitar empat sampai sepuluh kepala keluarga (KK) di Nagari Dilam yang bernasib sama dengan Buk Darmaini ini.

Melihat kondisi yang dialami oleh Darmaini dan beberapa KK lainnya di Nagari Dilam, Janawir meminta uluran tangan dan saran kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, dinas terkait, Baznas, masyarakat nagari, warga di rantau, pemerintah provinsi kapan perlu pemerintah pusat harus melihat kondisi warga yang seperti ini, katanya.

“Semoga Bupati Solok bapak H. Gusmal, SE. MM sebagai Kepala Daerah Kabupaten Solok dan dinas terkait serta lembaga sosial lainnya untuk membantu menyalurkan bantuan bedah rumah kepada buk Darmaini dan 10 KK lainnya di Nagari Dilam. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama, dan pemerintah tidak bisa tutup mata agar tercipta masyarakat yang sejahtera secara menyeluruh baik itu dari segi ekonomi, kesehatan, sosial sebagaimana dengan empat pilar pembangunan yang digagas Kabupaten Solok dan sesuai dengan sila kelima Pancasila,” tutur Wali Nagari Dilam Janawir.

Janawir juga mengajak seluruh elemen masyarakat baik yang berada di kampung dan di rantau untuk bersama-sama membangun nagari dan selalu mendukung program pemerintah demi meningkatkan kemajuan nagari yang lebih baik lagi kedepannya.

Janawir menghimbau kepada seluruh masyarakat Dilam kalau ada sekiranya masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni atau persoalan lainnya seperti masalah kesehatan, pendidikan, segera memberikan laporan melalui Kepala Jorong setempat atau bisa langsung ke kantor Wali Nagari Dilam, agar pemerintahan nagari tahu yang dibutuhkan oleh masyarakat dan bisa bekerja secara maksimal bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok. (Andar MK)

loading...
Loading...

LEAVE A REPLY