5000 Bibit Ikan Nilem Dilepas ke Danau Diatas, Bupati Minta Pengawasan Masyarakat Setempat

Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM bersama dinas terkait melakukan pelepasan bibit ikan Nilem di kawasan Danau Kembar di tepian Danau Diatas Kabupaten Solok, Sabtu (01/02/2020).

Dalam pelepasan bibit ikan Nilem tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM langsung didampingi oleh Kadis Perikanan dan Pangan Admaizon, Kadis Kominfo Denny Prihatni, Kepala DPMN Ferisnovel, nampak juga Kepala Barenlitbang Erizal dan hadir juga Kabag Humas Syofiar Syam dan Kabag KSD Devi Pribadi, Camat Lembah Gumanti Zaitul Ikhlas serta tokoh masyarakat Novi Candra.

Kadis Perikanan dan Pangan Admaizon dalam kesempatan tersebut melaporkan kepada masyarakat yang berada di Danau Diatas mengatakan bahwa benih ikan Nilem ini merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatra Barat sebanyak 5000 ekor bibit untuk tahap awal.

Bacaan Lainnya

Admaizon menambahkan bahwa bantuan ikan Nilem ini akan berlanjut tergantung keseriusan pengawas di kawasan Danau dan keseriusan kelompok masyarakat yang berada di tepian Danau Diatas untuk mengelolanya. Untuk saat ini sudah ada enam kelompok masyarakat pengawas yang berada disekitar danau diatas, katanya.

Kadis Perikanan dan Pangan berharap kepada seluruh masyarakat sekitar dan kelompok pengawas untuk mengoptimalkan aktivitas positif di danau dan sekitarnya. Admaizon menjelaskan bahwa pemerintah daerah akan terus lakukan pembinaan untuk kelompok masyarakat pengawas kedepannya.

Bupati Solok H. Gusmal dalam kesempatan tersebut mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok khususnya yang berada di kawasan danau untuk selalu menjaga kelestarian danau dan potensi yang kita miliki di daerah sekitaran Danau Diatas ini, katanya.

Bupati menambahkan untuk selalu mengawasi kelestarian ikan yang ada di Danau Diatas ini serta awasi juga  kegiatan-kegiatan yang berkemungkinan melakukan pencemaran lingkungan di sekitar danau yang berdampak rusaknya ekosistem danau dan selalu jaga kekompakan antar sesama agar keharmonisan antar anggota kelompok tetap terus terjaga.

“Semoga, melalui kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kelompok pengawas yang mengelola dan bagi masyarakat yang berada disekitaran danau, kepada pemerintah nagari setempat dan lembaga-lembaga yang ada untuk memperbaiki kerusakan yang ada disekitar danau dan selalu menjaganya, rawat serta peliharalah bibit ikan Nilem yang dilepaskan ketepian danau ini agar dapat dikonsumsi secara maksimal oleh generasi penerus bangsa karna ikan ini juga bermamfaat untuk meningkatkan Gizi” kata Gusmal.

Bupati Solok H. Gusmal juga berpesan kepada pemerintah nagari untuk segera merancang Peraturan Nagari mengenai tata cara pengelolaan danau agar pengelolaannya sesuai dengan harapan masyarakat. (Andar MK)

Pos terkait